PKn

Pengertian Warga Negara – Hak & Kewajiban Beserta Contoh & Kasus

Warga negara dapat didefinisikan sebagai seorang warga yang tinggal dalam sebuah negara yang memiliki hak dan kewajiban di negara tersebut.

Sebagai seorang warga negara yang baik, setiap orang wajib mengikuti dan menaati peraturan yang ada dalam negara tersebut. Dengan menjadi warga negara yang tertib akan hak dan kewajibannya, maka kenyamanan dan kedamaian sebuah negara pun terjaga dengan baik.

Berbicara mengenai warga negara, sudahkah Anda mengetahui tentang pengertian warga negara? Untuk lebih memperjelas lagi tentang apa itu arti warga negara, simaklah beberapa pengertian warga negara secara umum dan menurut para ahli di bawah ini!

Pengertian Warga Negara

Secara umum, warga negara ialah seorang penduduk sebuah bangsa atau negara yang diakui berdasarkan tempat kelahiran dan keturunan, yang memiliki kewajiban dan hak dari negara tersebut. warga negara pun dapat dijelaskan sebagai sebuah anggota atau peserta dari sebuah negara yang harus bertanggungjawab dan menjaga kepentingan bersama dalam negara itu.

Inilah beberapa pengertian warga negara menurut pada ahli, sebagai berikut:

  1. AS Hikam berpendapat bahwa warga negara ialah sebuah terjemahan dari (citizenship), yang dapat diartikan sebagai anggota dari suatu komunitas yang membentuk negara atau bangsa tersebut.
  2. Koerniatmanta S mengatakan bahwa warga negara ialah sebuah anggota negara yang memiliki kedudukan khusus di negaranya tersebut. Ia memiliki hubungan hak dan kewajiban yang memiliki sifat timbal balik pada negaranya.
  3. Purwadarminta berpendapat bahwa warga negara ialah orang yang ditetapkan secara hukum ialah anggota dari suatu negara.

Itulah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian warga negara. Selain itu, ada pula pendapat berbeda mengenai pengertian dari warga negara yang bisa Anda ketahui melalui UUD pasal 1 UU No.12 tahun 2006. Dalam pasal ini dijelaskan bahwa warga negara Indonesia asli ialah orang-orang yang secara resmi disahkan oleh UUD sebagai warna negara Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua warga negara harus tinggal di negaranya. Beberapa orang dari suatu negara berbeda tinggal di negara lain yang bukan negaranya. Maka orang tersebut masih dikatakan sebagai warga negara yang bersangkutan, kecuali ia mengganti identitasnya menjadi warga atau anggota negara lain.

Setelah mengetahui pengertian dari warga negara secara umum dan berdasarkan para ahli, Anda pun harus tahu beberapa kewajiban dan hak warga negara.

 

Kewajiban Warga Negara dan Contohnya

1. Kewajiban membayar pajak

Seperti yang tertulis jelas dalam UUD 1945 pasal 23A bahwa setiap warga negara wajib membayar pajak resmi. Sebagai contohnya, setiap warga negara harus membayar pajak kendaraan setiap tahunnya demi kepentingan masyarakat bersama.

Untuk mewujudkan akses lalulintas dan jalan raya yang ideal, maka perlu adanya kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah dalam pembayaran pajak.

2. Kewajiban menaati peraturan

Setiap negara memiliki peraturannya masing-masing. Untuk setiap anggota atau warga negara yang tinggal di tempat tersebut, maka wajib hukumnya untuk mematuhi segala peraturan yang ada.

Sebagai contohnya, setiap warga harus menaati peraturan lalulintas yang berlaku saat sedang berkendara. Seorang warga negara harus belajar menjadi seseorang yang tertib akan aturan yang berlaku demi keamanan dan keselamatan bersama.

3. Kewajiban menghargai orang lain

Di mana pun Anda berada, sudah sepatutnya kita menghargai orang lain yang berada di sekitar kita. Contohnya, sebagai warga negara Indonesia yang baik Anda harus dapat belajar bagaimana cara menghargai orang yang lebih tua dari Anda.

 

Hak Warga Negara dan Contohnya

1. Hak dapat memeluk agama atau kepercayaannya masing-masing

Setiap warga negara yang hidup berdampingan dalam sebuah negara memiliki hak yang sama dalam memeluk agama atau kepercayaannya masing-masing.

Sebagai contoh, di Indonesia ini banyak sekali warga negara yang memeluk agama yang berbeda seperti Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu. Sudah wajib bagi kita untuk saling menghargai satu sama lain.

2. Hak menyuarakan pendapat

Dalam sebuah negara, setiap warga negara yang tinggal di dalamnya memiliki hak suara yang setara dan sejajar. Semua orang berhak menyalurkan pendapat atau aspirasinya terhadap suatu hal yang bersangkutan dengan negara tersebut.

Sebagai contohnya, dalam sebuah pertemuan musyawarah RT/RW setiap anggota yang hadir berhak mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya.

3. Hak menerima pendidikan yang layak

Dalam sebuah negara khususnya di Indonesia, setiap anak haruslah mendapatkan hak yang setara dalam mengenyam bangku pendidikan. Contohnya, setiap anak sudah harus mendapatkan hak kependidikannya selama 9 tahun secara gratis.

4. Hak mendapatkan kedudukan yang sama di mata hukum

Setiap warga negara sudah sepatutnya mendapatkan perlakuan, perlindungan, jaminan, dan kepastian hukum. Semua itu sudah menjadi hak dari seorang warga negara untuk mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah.

Berikutnya, inilah contoh kasus pelanggaran dan pengingkaran kewajiban dan hak warga negara.

 

Contoh Kasus Pelanggaran Hak Warga Negara

Tahukah Anda, bahwa di Indonesia banyak sekali pelanggaran hak yang sering dilakukan oleh warga negaranya. Pelanggaran tersebut terjadi karena didasari oleh beberapa faktor yang menyebabkan pelanggaran hak warga negara pun terjadi.

Beberapa penyebab yang sering menjadikan terjadinya pelanggaran hak warga negara, antara lain:

  • Sikap egois yang terlalu mementingkan diri sendiri
  • Rendahnya rasa kesadaran akan berbangsa dan bernegara
  • Kurangnya sikap toleransi
  • Sikap penyalahgunaan kekuasaan
  • Penyalahgunaan manfaat teknologi

Inilah beberapa contoh kasus pelanggaran hak warga negara yang sering terjadi di Indonesia, antara lain:

1. Kasus eksploitasi anak

Fenomena eksploitasi anak masing sering kita jumpai di Negara Indonesia bukan? Tahukah Anda, bahwa setiap anak berhak mendapatkan haknya untuk hidup menikmati masa kecilnya bersama teman seumurannya. Namun yang sering terjadi, masing banyak dijumpai anak-anak yang menjadi korban ibunya untuk menjadi pengemis di umurnya yang masih sangat dini.

2. Kasus kemiskinan dan pengangguran

Untuk saat ini tingkat kasus kemiskinan dan pengangguran di Negara Indonesia menempati posisi yang cukup tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan pekerjaan yang kehidupan yang layak dah lebih manusiawi.

3. Maraknya kasus kriminalitas

Setiap warga negara sudah sepatutnya mendapatkan perlindungan dari pemerintahan. Mereka berhak untuk hidup dalam perdamaian dan kenyamanan.

 

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

1. Tidak membayar pajak

Pengingkaran terhadap kewajiban membayar pajak sering dilakukan oleh sebagian besar warga negara Indonesia.

Contohnya: masih banyak dijumpai banyak pengendara kendaraan yang tidak membayar pajak tepat waktu. Demi fasilitas jalan dan lalulintas yang ideal, maka mereka sudah sepatunya membayar pajak tepat waktu.

2. Melanggar HAM

Masih banyak pengingkaran kewajiban HAM yang sering terjadi di Indonesia. Contohnya, masih banyak kasus pembunuhan, pelecehan, kekerasan, dan masih banyak lainnya.

3. Pengingkaran Kewajiban Pendidikan Dasar

Setiap warga negara Indonesia khususnya anak-anak usia dini wajib mendapatkan haknya mengenyam bangku pendidikan hingga SMP. Contohnya, bagi warga negara yang tidak memberikan keleluasaan tersebut, maka hal itu dapat dikatakan sebagai suatu pelanggaran atau pengingkaran.

 

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah mengetahui bagaimana pengertian secara luas tentang warga negara dalam suatu negara. Di samping itu, Anda pun telah memahami berbagai macam hak dan kewajiban warga negara yang sudah sepatutnya didapatkan oleh semua orang.

Dari kasus pelanggaran hak dan kewajiban di atas, Anda pun harus belajar untuk menjadi warga negara yang lebih baik lagi untuk menciptakan sebuah negara yang damai dan nyaman.

Sumber:

loading...

Leave a Reply