Pengertian Teks Eksplanasi – Struktur, Kaidah Kebahasaan, Tujuan

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, berbagai macam jenis teks dipelajari. Diantaranya adalah teks deskripsi, teks narasi, sampai dengan teks eksplanasi. Dalam artikel kali ini, Anda akan belajar tentang salah satu teks yang cukup populer yaitu teks eksplanasi.

Apakah pengertian dari teks eksplanasi?

Pada hakikatnya, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang terjadinya fenomena sosial maupun fenomena alam. Oleh karena itu, di dalam teks eksplanasi akan dijelaskan tentang suatu peristiwa.

Untuk lebih jelas dalam memahami apa itu teks eksplanasi, mari lihat tentang pengertian teks eksplanasi menurut para ahli.

Pengertian Teks Eksplanasi

Eksplanasi merupakan kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti menjelaskan. Dalam hal ini, teks eksplanasi menjelaskan tentang suatu peristiwa yang terjadi. Teks ini berisi tentang fakta-fakta yang mendukung dari suatu peristiwa yang diceritakan di dalam teks.

  1. Mahsun

Mahsun, 2013 berpendapat bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang terdiri atas beberapa bagian yaitu bagian pembukaan, bagian isi yang berisi tentang penjelasan, dan terakhir adalah bagian penutup. Masing-masing bagian memiliki informasi tentang apa yang dibicarakan dalam teks tersebut.

Seperti pada teks kebanyakan, bagian pembuka akan menceritakan sedikit tentang informasi dari yang dibicarakan. Bagian isi adalah bagian dengan penjelasan yang cukup panjang mencakup berbagai macam fakta. Sedangkan bagian penutup sebenarnya tidak diwajibkan dalam sebuah teks eksplanasi.

  1. Restuti

Restuti, 2013 berpendapat bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya fenomena yang terjadi di alam maupun yang terjadi di lingkungan sosial.

 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang berisi tentang suatu topik yang berupa fenomena yang terjadi di lingkungan alam mulai dari proses keberadaan dari topik yang dibicarakan, proses terjadinya, maupun proses terbentuknya.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Setelah mempelajari tentang ciri-ciri teks eksplanasi, mari bahas lebih jauh tentang bagaimana struktur dari teks eksplanasi. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk mempraktikkan menulis teks eksplanasi.

Sebenarnya, struktur teks eksplanasi sendiri telah dijelaskan dalam pengertian teks eksplanasi. Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri yaitu memiliki 3 bagian yang merupakan pernyataan umum, urutan sebab akibat, hingga kesimpulan yang dapat diperoleh.

3 struktur teks eksplanasi yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Pernyataan umum

Pernyataan umum dalam sebuah teks eksplanasi berisi tentang pernyataan yang umum tentang topik yang dibicarakan atau yang dijelaskan. Pernyataan ini dapat berupa proses keberadaan dari topik yang dibicarakan atau pun proses terjadinya topik.

Bagian dari pernyataan umum ini harus ditulis dengan bahasa yang menarik. Dengan demikian, pembaca akan tertarik untuk membaca teks eksplanasi tersebut sampai dengan selesai.

  1. Urutan Sebab Akibat

Urutan sebab akibat dalam hal ini hampir sama seperti dengan bagian isi dari teks eksplanasi. Pada urutan sebab akibat akan dijelaskan tentang penjelasan proses terjadinya topik yang dibicarakan secara lebih detail.

Urutan sebab akibat bisa juga disebut dengan deretan penjelas. Bagian ini akan menjelaskan tentang topik dengan lebih jelas dan mendalam. Dalam penjelasannya nanti akan menggunakan urutan waktu dari peristiwa yang dibahas.

  1. Interpretasi

Interpretasi dalam sebuah teks eksplanasi berisi tentang kesimpulan dari sesuatu yang dibicarakan. Oleh karena itu, bagian ini biasanya ditulis dengan lebih singkat.

 

Bagian struktur dari teks eksplanasi biasanya memiliki beberapa perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Itulah mengapa bagi Anda yang ingin menulis teks eksplanasi harus rajin-rajin untuk browsing.

Sama seperti jenis teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki kaidah kebahasaan yang harus dipenuhi. Bagaimana kaidah kebahasaan dari teks eksplanasi?

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Jika teks narasi memiliki ciri-ciri menceritakan sesuatu yang telah terjadi, lain halnya dengan ciri-ciri teks eksplanasi. Kaidah kebahasaan bisa juga disebut dengan ciri-ciri. Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa dipahami dari teks eksplanasi.

  1. Sesuatu atau informasi yang dijelaskan di dalamnya adalah fakta

Jadi, ciri utama dari teks eksplanasi adalah menjelaskan sesuatu sesuai dengan fakta. Dengan demikian, penulis harus benar-benar mengetahui peristiwa yang diceritakan dengan pasti karena yang ditulis adalah berupa fakta bukan karangan belaka

  1. Bersifat informatif

Teks eksplanasi memiliki sifat yang informatif. Artinya, teks eksplanasi memberikan informasi sesuai dengan fakta dan tidak mempengaruhi para pembacanya.

  1. Informasi yang disampaikan adalah ilmiah

Mengapa informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi bersifat ilmiah? Hal tersebut dikarenakan karena semua informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi merupakan fakta.

  1. Menggunakan kalimat pasif

Teks eksplanasi ditulis dengan menggunakan kalimat pasif

  1. Topik yang disampaikan fokus pada hal yang lebih umum

Teks eksplanasi tidak membahas tentang topik yang bersifat partisipan manusia. Jadi, topik yang dibahas adalah hal yang umum seperti hujan, gunung meletus, atau pun gempa bumi.

  1. Menggunakan konjungsi kausal dan waktu

Teks eksplanasi ditulis dengan menggunakan beberapa konjungsi waktu dan kausal. Contohnya saja kemudian, jika, pertama, sebelum, jika, dan lain-lain.

Keenam hal tersebut merupakan kaidah kebahasaan dari teks eksplanasi. Jika Anda membaca sebuah teks dan memiliki ciri-ciri seperti di atas, dapat dimungkinkan bahwa teks yang Anda baca tersebut adalah jenis teks eksplanasi.

 

Tujuan Teks Eksplanasi

Hal berikutnya yang akan dibahas dalam hal ini adalah mengenai tujuan dari teks eksplanasi. Apakah tujuan dari teks eksplanasi?

Dari pengertian teks eksplanasi yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi merupakan teks yang memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu proses dari peristiwa alam atau sosial secara alamiah berdasarkan fakta.

Teks eksplanasi sendiri sebenarnya mungkin telah Anda baca dalam berbagai media atau surat kabar. Hanya saja, mungkin Anda tidak tahu bahwa teks yang telah Anda baca tersebut merupakan salah satu jenis teks eksplanasi.

Biasanya, teks eksplanasi akan menjelaskan suatu berita terbaru. Dengan demikian, membaca teks eksplanasi sangat bermanfaat untuk pembaca. Membaca teks eksplanasi akan memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang hal baru yang terjadi.

 

Manfaat Teks Eksplanasi

Hal terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah manfaat dari teks eksplanasi. Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari teks eksplanasi. Apa sajakah itu?

  1. Membaca teks eksplanasi akan menambah ilmu bagi pembaca serta mewujudkan generasi muda yang cerdas secara intelektual.
  2. Menambah wawasan kepada pembaca tentang proses terjadinya suatu fenomena yang terjadi di lingkungan alam maupun di lingkungan sosial
  3. Menambah wawasan kepada para pembaca tentang hal-hal yang bersifat ilmiah

Begitu banyaknya manfaat dari teks eksplanasi sehingga setiap orang harus senang untuk membaca teks jenis eksplanasi. Mempelajari tentang bagaimana struktur dan pengertian teks eksplanasi juga akan membuat Anda lebih percaya diri untuk menulis teks jenis ini.

 

Itulah penjelasan tentang teks eksplanasi mulai dari pengertian, ciri-ciri, sampai dengan tujuan pembuatan teks eksplanasi. Semoga bermanfaat!

Sumber:

loading...

Leave a Reply