Pengertian Teknologi Informasi – Sejarah, Contoh, Manfaat, Fungsi

Saat ini teknologi informasi telah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Teknologi informasi ialah sebuah sarana yang diciptakan oleh manusia dan untuk manusia guna memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam kehidupan mereka. Dengan adanya teknologi ini, manusia bisa mendapatkan pesan lebih mudah dan cepat. Pesan tersebut dapat berupa gambar, suara, maupun tulisan.

Namun, sudahkah Anda tahu tentang pengertian teknologi informasi, sejarah perkembangan, contoh, manfaat, dan fungsinya? Simaklah ulasan di bawah ini untuk membantu Anda memahami tentang teknologi informasi sebagai kebutuhan yang sangat penting untuk manusia.

Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum, teknologi informasi dijabarkan sebagai suatu studi pengembangan, perancangan, implementasi, dan manajemen sistem informasi yang sudah berbasis komputer.

Secara sederhana, teknologi informasi dapat dijelaskan sebagai sebuah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Fasilitas ini berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas layanan informasi yang lebih mudah untuk semua orang.

Berikut ini ada beberapa pengertian teknologi informasi menurut para ahli, antara lain:

  • Haag dan Keen (1996) berpendapat bahwa teknologi informasi ialah sebuah seperangkat sarana atau alat yang membantu manusia dalam pekerjaan dan tugas-tugasnya yang berhubungan dengan sebuah pesan atau informasi.
  • Williams dan Sawyer (2003) berpendapat bahwa teknologi informasi merupakan sebuah kerja sama gabungan antara komputasi (komputer) dengan sebuah jalur komunikasi dengan kecepatan tinggi yang mengembangkan sebuah data, video, maupun suara.
  • Martin (1999) mengatakan bahwa teknologi informasi bukan sekadar sebuah sistem perangkat lunak dan keras yang akan menyimpan sebuah informasi dengan komputer, melainkan juga sebagai suatu sarana untuk menyampaikan atau menyebarluaskan sebuah informasi kepada orang lain.
  • Oxford English Dictionary (OED) menjelaskan bahwa teknologi informasi ialah sebuah sistem perangkat lunak dan perangkat keras dalam sebuah jaringan telekomunikasi yang biasanya digunakan dalam urusan usaha ataupun bisnis.

Dari penjelasan pengertian teknologi informasi secara umum dan berdasarkan pendapat dari para ahli, kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi informasi ialah sebuah sarana telekomunikasi yang menggunakan sistem perangkat lunak dan keras dalam komputer untuk menyimpan dan menyampaikan sebuah informasi penting kepada orang lain.

 

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Pada dasarnya, teknologi informasi berasal dari bahasa Perancis yang dapat diartikan sebagai suatu alat atau sarana yang digunakan manusia untuk menciptakan sebuah kenyamanan dan kelangsungan hidup.

Dalam proses perkembangannya, teknologi informasi pasti mengalami sebuah perubahan signifikan dari tahun ke tahun. Pada awal penggunaannya, manusia menggunakan sebuah alat dan kode tertentu untuk dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Contohnya, pada awal sejarah teknologi informasi yang mulai digunakan, manusia menggunakan gambar dan lukisan sederhana yang dituliskan di batu ataupun tembok. Gambar dan lukisan yang mereka tulis saat itu ialah sebuah pesan atau informasi penting yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi informasi semakin hari semakin canggih. Kini manusia telah menggunakan sebuah sistem perangkat lunak dan perangkat keras untuk menampung segala bentuk informasi penting di sebuah komputer. Selain lebih mudah dan praktis, di zaman yang sudah semakin modern ini pun orang-orang dapat mengakses informasi secara cepat.

Perlu Anda ketahui bahwa semua proses kemajuan tersebut dapat berkembang karena berkat sejarah panjang dari para peneliti dan ilmuwan yang selalu berusaha memperbaiki dan memperbarui sebuah teknologi informasi agar lebih mudah digunakan. Dengan adanya sejarah perkembangan teknologi informasi ini, semua orang dapat mengetahui bagaimana sebuah teknologi informasi maju itu terbentuk.

 

Contoh Teknologi Informasi

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa sebuah teknologi informasi ialah sebuah alat atau sarana informasi yang dapat berupa suara, gambar, maupun tulisan.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan dua contoh teknologi informasi yang sering digunakan dalam kehidupan manusia dalam kebutuhan kesehariannya.

Inilah dua contoh teknologi informasi yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan kepada orang lain, antara lain:

1. Media Cetak

  • Surat kabar ialah sebuah sarana informasi yang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk mendapatkan sebuah informasi penting, baik informasi dalam bidang politik, ekonomi, hiburan dan lain-lain.
  • Majalah merupakan salah satu jenis media cetak yang menyampaikan sebuah informasi menarik kepada orang-orang. Dengan melalui sebuah majalah, semua orang dapat mengetahui beberapa informasi khusus seperti informasi kesehatan, religi, film, properti, dan lainnya.
  • Tabloid ialah salah satu contoh teknologi informasi berupa media cetak yang menyampaikan sebuah informasi tentang sebuah hiburan. Melalui tabloid ini, semua orang mengetahui berbagai macam informasi menarik seperti halnya di majalah ataupun koran.

2. Media Elektronik

  • Komputer ialah sebuah sarana teknologi informasi yang saat ini sudah digunakan oleh kebanyakan orang dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. Melalui sebuah komputer mereka dapat menyimpan sebuah data penting dan menyalurkannya kepada orang lain dengan cepat dan mudah.
  • Televisi ialah sebuah teknologi informasi yang mempunyai fungsi sebagai sarana untuk menyampaikan sebuah informasi pada khalayak ramai. Melalui acara atau sebuah iklan di televisi, semua orang akan menerima informasi yang disiarkan.
  • Radio merupakan sebuah teknologi infomasi yang memanfaatkan media elektronik suara untuk menyampaikan sebuah informasi secara langsung.

Setelah Anda mengetahui beberapa contoh teknologi informasi, Anda pun wajib mengetahui apa itu manfaat dan fungsi dari sebuah teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Manfaat Teknologi Informasi

Inilah beberapa manfaat dari teknologi informasi berdasarkan beberapa aspek, antara lain:

1. Pendidikan

  • Dengan adanya teknologi informasi, para peserta didik tidak akan tertinggal dalam mendapatkan informasi tentang ilmu dan pengetahuan yang bersangkutan dengan materi pembelajaran.
  • Para peserta didik dapat mengakses secara mudah dan cepat mengenai informasi pembelajaran yang mereka butuhkan.

2. Kesehatan

  • Membantu sebuah pembangunan Sistem Rumah Sakit (SIR) secara cepat dan mudah

3. Masyarakat Umum

  • Teknologi informasi digunakan sebagai sumber informasi dan sarana belajar terbaik.
  • Membantu masyarakat menciptakan sebuah lapangan kerja dan usaha ataupun bisnis.

 

Fungsi Teknologi Informasi

Perlu Anda ketahui, bahwa teknologi informasi ini memiliki banyak fungsi bagi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-harinya, antara lain:

1. Fungsi sebagai penangkap sebuah informasi (capture)

Sebuah teknologi informasi memiliki peran sebagai sebuah alat untuk menangkap sebuah informasi penting dalam kehidupan manusia.

2. Fungsi sebagai pengelola sebuah informasi (processing)

Saat informasi telah ditemukan, maka dengan adanya teknologi informasi ini sebuah info atau pesan dapat diolah dengan baik sedemikian rupa.

3. Fungsi sebagai penghasil sebuah informasi (generating)

Setelah semua informasi diolah dengan baik, maka saatnya informasi ini wujudkan dalam bentuk kemasan atau tampilan yang menarik.

4. Fungsi sebagai penyimpan sebuah informasi (storage)

Tidak hanya menangkap dan menghasilkan sebuah informasi atau pesan, teknologi informasi ini pun bermanfaat untuk menyimpan sebuah info penting dengan baik.

5. Fungsi sebagai pencari sebuah informasi tertentu (retrial)

Saat sebuah informasi tidak cukup kuat disampaikan, maka teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai sebuah sarana untuk mencari informasi baru tertentu.

6. Fungsi sebagai transmisi sebuah informasi (transmission)

Dalam fungsi ini, sebuah teknologi informasi digunakan sebagai sarana informasi untuk mengirimkan sebuah info atau pesan yang telah didapat dari sumber yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan komputer.

 

Itulah penjelasan selengkapnya mengenai pengertian teknologi informasi, sejarah, contoh, manfaat dan fungsinya. Semoga info ini dapat membantu Anda dalam memahami arti dan kegunaan sebuah teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber:

loading...

Leave a Reply