Pengertian Struktur Organisasi – Jenis & Fungsi

Dalam kehidupan bermasyarakat kita sering mendengar istilah organisasi. Sebuah organisasi merupakan sebuah tempat atau wadah untuk berkumpulnya suatu kelompok untuk mewujudkan misi dan visi. Dalam suatu organisasi pasti terdapat suatu struktur organisasi yang membentuk dan menjadikan organisasi itu berdiri.

Sudahkah Anda paham dan mengetahui secara jelas tentang apa itu struktur organisasi?

Sebelum Anda mengetahui tentang arti dari struktur organisasi, penting bagi Anda untuk tahu apa itu organisasi. Inilah pengertian dari sebuah organisasi secara umum dan berdasarkan dari para ahli.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Secara umum, organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu wadah untuk berkumpulnya suatu kelompok atau anggota yang bersatu untuk mewujudkan suatu misi dan visi yang sama untuk menggapai suatu tujuan bersama.

Sedangkan pengertian organisasi menurut para ahli dapat Anda simak berikut ini!

  1. Menurut Stoner, organisasi merupakan suatu bentuk hubungan yang diikuti oleh orang-orang yang memiliki tujuan bersama.
  2. James berpendapat bahwa organisasi ialah suatu bentuk perserikatan yang dibentuk oleh manusia untuk menggapai tujuan atau cita-cita bersama.
  3. Chester I. Bernard mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu sistem kerja sama yang dilakukan oleh suatu anggota atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama.
  4. Stephen P. Robbinss mengatakan bahwa organisasi ialah sebuah bentuk kesatuan sosial yang dibentuk secara sadar dan batasan yang relatif untuk diidentifikasi secara bersama, yang berjalan dengan suatu dasar relatif secara rutin dalam mencapai suatu tujuan bersama.
  5. Richard Scoot berpendapat bahwa organisasi merupakan suatu bentuk tindakan yang dilaksanakan secara kolektif yang bertujuan untuk mencapai sesuatu secara khusus secara bersama-sama.
  6. Menurut Max Weber, organisasi ialah satu kerangka hubungan sosial yang terbentuk dan terstruktur yang di dalamnya memuat suatu wewenang, tanggungjawab, serta pembagian tugas untuk menjalankan suatu tujuan tertentu.
  7. Thompson mengatakan bahwa organisasi merupakan suatu pemikiran dari setiap anggota atau kelompok yang rasional dan impersonal yang ingin meraih suatu tujuan yang sama.
  8. Schein berpendapat bahwa organisasi ialah suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok guna untuk meraih sebuah tujuan bersama dengan berpedoman pada suatu pembagian tugas dalam menjalankan sebuah fungsi organisasi tersebut.
  9. J.R. Schermehorn berpendapat bahwa organisasi ialah sebuah kumpulan dari beberapa orang yang bekerja sama untuk meraih tujuan dari organisasi tersebut.
  10. Menurut W.J.S. Poerwadarminta, sebuah organisasi merupakan suatu susunan dan aturan dari sebuah bagian yang dapat menjadi sebuah kesatuan yang teratur.

Itulah pengertian organisasi secara umum dan menurut pendapat para ahli yang bisa menjadi pedoman Anda dalam mempelajari sebuah pengertian tentang organisasi.

Berikutnya, Anda dapat menyimak pengertian struktur organisasi yang mana menjadi suatu bagian terpenting dalam terbentuknya suatu organisasi.

 

Pengertian Struktur Organisasi

Struktur organisasi merupakan sebuah kerangka dari berbagai komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi yang dijalankan oleh beberapa anggota masyarakat. Dengan adanya suatu struktur organisasi, maka masyarakat dapat mengetahui secara jelas tentang pembagian kerja, fungsi, dan jenis kegiatan yang dikoordinasikan secara baik.

Di samping itu, dengan adanya suatu struktur organisasi ini masyarakat pun akan tahu tentang spesialisasi dari suatu jenis pekerjaan, saluran pemerintah, dan penyampaian laporan organisasi.

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam sebuah struktur organisasi terdapat suatu hubungan antar komponen di dalamnya yang saling bersangkutan. Semua komponen tersebut mengalami saling ketergantungan atau saling membutuhkan kerja sama satu sama lain.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hubungan komponen dalam suatu struktur organisasi akan saling memberikan suatu pengaruh satu sama lain.

Dalam suatu hubungan organisasi, ada beberapa jenis struktur organisasi yang sering digunakan oleh masyarakat luas. Inilah beberapa jenis struktur organisasi dan keunggulan dari jenis struktur tersebut.

 

Jenis Struktur Organisasi

1. Formal Structure

Formal Structure ialah sebuah struktur organisasi yang mendapatkan julukan resmi (official state).

Struktur organisasi ini biasanya berbentuk suatu diagram yang menjelaskan suatu hubungan pengaturan formal posisi kerja dan pelaporan dari sebuah organisasi. Keunggulan dari struktur organisasi ini ialah mencakup beberapa aspek seperti:

  • Pembagian kerja
  • Saluran komunikasi
  • Pengawasan hubungan
  • Tingkat manajemennya

2. Informal Structure

Informal Structure ialah sebuah struktur organisasi yang membentuk suatu hubungan yang bersifat (bayangan) dan tidak resmi. Struktur ini biasanya akan kritis dalam menanggapi suatu hal yang bersifat kolektif.

Dalam struktur organisasi ini pun setiap anggota dapat melakukan suatu hubungan kerja sama tanpa adanya batas-batas formalitas. Keuntungan dari struktur organisasi ialah:

  • Dapat membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan mereka
  • Mengatasi berbagai macam batasan struktur formal
  • Mendapatkan pelajaran informal
  • Mendapatkan akses mudah di jaringan interpersonal

3. Functional Structure

Functional Structure ialah suatu struktur organisasi yang terdiri dari beberapa anggota yang memiliki keterampilan sama dan dapat melaksanakan tugas-tugas serupa.

Jenis struktur organisasi ini tidak memiliki batasan pada jenis bisnis apapun. Struktur organisasi ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memproduksi beberapa produk atau jasa. Keuntungan dari struktur fungsional ini ialah:

  • Mencapai skala ekonomis
  • Berkualitas tinggi dalam pemecahan masalah teknis
  • Mendalami pelatihan dan pengembangan suatu keterampilan

4. Divisional Structure

Divisional Structure merupakan suatu organisasi yang terbentuk berdasarkan pada produk yang sama, kelompok sama, dan proses kerja yang sama.

Secara umum, struktur organisasi ini memiliki sifat kompleks dan menghindari masalah yang terkait dengan struktur fungsional. Keuntungan dari struktur divisi ini ialah:

  • Fleksibel dalam menanggapi perubahan lingkungan
  • Peningkatan koordinasi
  • Tanggung jawab tinggi
  • Keahlian berfokus pada pelanggan, produk, dan wilayah tertentu

5. Matrix Structure

Matrix Structure ialah suatu struktur organisasi yang menggabungkan dua jenis struktur organisasi yaitu fungsional dan divisional.

Untuk mendapatkan keuntungan dari kedua struktur organisasi tersebut, maka terjadilah peminimalan kekurangan dari masing-masing struktur organisasi tersebut. Keuntungan yang dihasilkan dari struktur jenis ini ialah:

  • Manufaktur
  • Profesional bidang
  • Sektor non profit
  • Multi nasional perusahaan
  • Industri Jasa

 

Fungsi Struktur Organisasi

Adapun beberapa fungsi dari sebuah struktur organisasi yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Kejelasan Tanggung Jawab

Dalam sebuah struktur organisasi setiap anggotanya wajib memiliki rasa tanggungjawab tinggi terhadap apa yang sudah sepatutnya dipertanggungjawabkan.

Dengan adanya suatu kejelasan tanggungjawab, maka setiap anggota organisasi akan memiliki rasa tanggungjawab terhadap atasan atau pimpinan yang sudah memberikannya kewenangan.

2. Kejelasan Kedudukan

Fungsi dari kejelasan kedudukan ini ialah untuk mempermudah setiap anggota untuk melaksanakan koordinasi, hubungan, segala yang berkaitan dalam penyelesaian suatu fungsi yang telah dipercayakan pada setiap anggota.

3. Kejelasan Jalur Hubungan

Fungsi kejelasan jalur hubungan ini ialah untuk memberikan gambaran dan struktur kejelasan pada setiap anggota organisasi dalam melakukan tanggungjawab atas pekerjaannya.

Dengan adanya sebuah kejelasan jalur hubungan ini, maka penyelesaian pekerjaan setiap anggota pun akan lebih efektif dan efisien. Selain itu, banyak pula keuntungan yang akan didapatkan dari setiap anggota.

4. Kejelasan Uraian Tugas

Fungsi dari kejelasan uraian tugas ini ialah untuk membantu pihak pimpinan atau atasan dalam melakukan tindak pengawasan atau controlling.

Dengan adanya suatu kejelasan uraian tugas maka setiap bawahan atau anggota akan lebih berkonsentrasi dalam melakukan tugas atau pekerjaannya.

 

Demikianlah penjelasan selengkapnya tentang organisasi, struktur organisasi, jenis dan fungsinya. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam memahami makna dari sebuah organisasi dan struktur organisasi secara lengkap.

Sumber:

loading...

Leave a Reply