Permainan Sepak Bola – Sejarah, Teknik, Pengertian, Peraturan, Posisi

Salah satu olahraga berbasis permainan yang paling dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia adalah permainan sepak bola. Kini, permainan tersebut sangat terkenal dan bahkan menjadi yang terbesar perkembangannya.

Meskipun popular, ternyata banyak orang yang hanya mengetahui sekilas saja dan tidak memahami dengan baik keseluruhan mengenai sepak bola.

Sepak bola selain menjadi olahraga yang paling diminati di dunia juga dapat memberikan tubuh sehat serta kebugaran jasmani.

Pengertian Sepak Bola

Permainan sepak bola merupakan bagian dari cabang olahraga permainan yang menggunakan bola sebagai objeknya. Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok atau tim. Setiap tim memiliki anggota sebelas orang sebagai pemain inti serta memiliki beberapa pemain cadangan.

Meskipun permainan ini bisa dilakukan di mana saja, dalam permainan remisnya harus dimainkan di lapangan. Ukuran lapangan sepak bola berbeda dengan ukuran lapangan cabang olah raga lainnya. Khusus untuk sepak bola, ukuran lapangannya adalah berukuran panjang 100 hingga 110 meter serta lebar 64 meter hingga 75 meter untuk pertandingan resmi internasional. Lapangan juga harus berbentuk persegi panjang.

Di bagian kedua ujung lapangan tepatnya di tengah, terdapat gawang berukuran tinggi 2.44 meter serta lebar 7.32 meter. Pada depan gawang, terdapat area penalti dengan ukuran 16,5 meter. Area ini juga biasa disebut sebagai area batas kiper karena hanya dalam lingkaran ini kiper bisa menangkap bola dengan tangan. Selain itu, area ini merupakan area di mana wasit akan menghadiahkan hukuman penalti jika ada pelanggaran.

Berbeda dengan permainan lainnya, permainan sepak bola ini memiliki durasi waktu tertentu yaitu 2×45 menit dengan waktu istirahat di antara kedua babak selama 15 menit.

Bola sebagai objek dari permainan sepak bola juga memiliki ukuran yang telah disahkan secara internasional. Ukuran bola yang digunakan adalah diameternya tidak melebihi 70 cm serta tidak kurang dari 68 cm. Atau dalam ukuran inchi tidak lebih dari 28 dan tidak kurang dari 27 inchi.

Pertandingan sepakbola resmi memiliki tiga petugas pertandingan. Satu adalah wasit, kemudian dua hakim garis serta satu petugas pinggir tengah lapangan. Wasit berfungsi sebagai pengawas pertandingan. Ia akan memberikan peringatan dan hukuman terhadap pelanggaran yang terjadi di dalam lapangan.

Sedangkan hakim garis hanya bekerja di garis kedua sisi lapangan. Keduanya menggunakan bendera terang dan akan memberikan informasi kepada wasit. Ia akan memberikan tanda pelanggaran dengan bendera yang dibawanya. Pelanggaran yang dilaporkan adalah meliputi offside, bola keluar, atau pelanggaran lainnya.

Tugas hakim pinggir tengah lapangan adalah mencatat waktu yang tertunda ketika pertandingan berlangsung dikarenakan sebab tertentu. Ia juga memeriksa pergantian pemain serta mengkoordinasi pergantian pemain.

Dalam permainan ini, sistem penilaian untuk mendapatkan poin adalah melalui gol, yaitu memasukkan bola ke gawang lawang.

 

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola di Dunia

Sejarah sepak bola dibedakan menjadi dua kelompok yaitu sejarah kuno dan sejarah modern. Permainan sepak bola di dunia pada zaman kuno tercatat sejarah pertama kali sejak 206 SM dalam peradaban China kuno, tepatnya pada masa dinasti Tsin dan Han. Pada masa itu, permainan sepakbola disebut sebagai Tsu Chu. Permainan yang sama juga ditemukan di Jepang pada abad ke 8 masehi dengan sebutan KEMARI.

Bola yang digunakan pada masa dinasti Tsin dan Han terbuat dari kulit binatang dengan isi. Sedangkan untuk Jepang menggunakan bola berbahan kulit kijang dengan rongga udara di tengahnya.

Sejarah dunia juga mencatat bahwa permainan sepak bola juga ditemukan di Mesir sejak awal masehi. Pada masa itu, peradaban Mesir kuno telah menggunakan bola yang berasal dari buntalan kain linen.

Yang terakhir, ternyata permainan ini juga ditemukan pada zaman Yunani kuno dengan nama Episcuro. Bukti adanya permainan ini pada jaman tersebut terlihat dari relief yang menunjukkan adanya anak-anak bermain dengan bola.

Sedangkan untuk sejarah permainan modern dimulai sejak abad 19 dan dipercaya berasal dari Inggris. Tercatat bahwa klub sepak bola pertama di dunia adalah Sheffield Football Club pada tahun 1857. Asosiasi Sepak Bola Inggris dibentuk pada tahun 1863.

FIFA atau Federasi Sepak Bola dunia baru dibentuk pada tahun 1904. Setelahnya, berbagai kompetisi permainan sepak bola dimainkan di berbagai negara di dunia. Dan ini menjadi cikal bakal pertandingan yang biasa Anda saksikan di layar televisi, khususnya pertandingan besar seperti Liga Inggris, Serie A, Liga Spanyol hingga Piala Dunia yang digelar 4 tahun sekali.

 

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola di Indonesia

Indonesia juga memiliki sejarah tersendiri yang berhubungan dengan permainan sepak bola. Pada tahun 1930, Indonesia mendirikan PSSI atau Persatuan Sepak Bola Indonesia di Yogyakarta. Pada saat itu, PSSI diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo.

Sejak berdirinya PSSI tersebut, maka permainan sepak bola di Indonesia semakin ramai dan dikenal oleh masyarakat luas. Kompetisi diadakan dan bahkan Paku Buwono X mendirikan Stadion Sriwedari.

Sayangnya, setelah Soeratin tidak lagi menjabat menjadi ketua, kemunduran sepak bola pada masa itu sangat terlihat dengan jelas. Namun beberapa pemain pada era sebelum 1970 justru terkenal di kancah dunia.

Setelahnya, PSSI bangkit dan mulai membentuk babak baru dalam dunia sepak bola di Indonesia. Liga Super Indonesia terbentuk dan bahkan sepak bola wanita juga dikembangkan. Hingga saat ini, terdapat kelompok yang berdasarkan umur seperti U-17 dan U-21.

Dari sejarah yang ada, Indonesia menciptakan sebuah kenangan yang berharga. Yaitu tim nasional Indonesia merupakan tim sepak bola pertama di Asia yang berhasil menembus Piala Dunia.

 

Teknik Dasar Sepak Bola

Teknik dasar pada permainan sepak bola memiliki pengertian mengenai cara bermain yang harus dilakukan. Pada dasarnya, teknik paling sederhana dalam sepak bola adalah menendang. Namun kini, dikenal berbagai macam teknik sepakbola yang lebih teratur.

  • Teknik Menendang

Menendang memiliki beberapa jenis, yaitu menendang dengan kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan menggunakan punggung kaki.

Menendang atau kicking ini biasanya dilakukan untuk memberikan umpan kepada rekan setim, memasukkan bola pada gawang lawan, menghidupkan permainan ketika ada pemberhentian permainan serta bentuk pertahanan diri.

  • Teknik Menghentikan Bola / Stopping

Stopping atau teknik menghentikan bola ini merupakan teknik yang cukup berguna untuk pertahanan dan menggiring bola ketika ada anggota tim lawan biasanya.

Ada banyak cara untuk melakukan teknik stopping ini. Salah satunya yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan kaki bagian luar maupun dalam, punggung kaki, serta sol sepatu. Namun tidak hanya itu saja, Anda bisa juga melakukan teknik ini dengan paha, dada, hingga perut. Bahkan jika posisi Anda tidak baik, maka Anda bisa menggunakan kepala untuk melakukan teknik ini.

  • Teknik Menggiring Bola / Dribbling

Selanjutnya adalah teknik menggiring bola. Teknik ini sangat penting karena berguna untuk melewati lawan. Caranya adalah dengan menggiring bola perlahan baik ke depan maupun ke samping melewati lawan. Untuk melakukannya, biasanya pemain sepak bola menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam serta punggung kaki.

Menggiring bola merupakan teknik untuk bertahan menguasai bola, menggiring bola menuju gawang lawan dan untuk melewati kawasan bebas.

  • Teknik Merebut Bola

Ada pula teknik merebut bola. Seperti namanya, teknik ini dilakukan untuk memindahkan penguasaan bola. Namun, merampas bola juga memiliki aturan yang ketat.

Teknik bisa dilakukan melalui samping, depan maupun belakang selama tidak melanggar peraturan. Sebagai contohnya adalah dengan tidak melukai lawan untuk menguasai bola.

  • Teknik Lemparan Dalam

Selain teknik-teknik di atas, masih ada teknik lainnya dalam permainan sepak bola. Ada teknik yang dinamakan lemparan ke dalam.

Lemparan ini tidak menggunakan kaki, namun menggunakan kedua tangan yang diangkat tinggi-tinggi. Ketika melakukan lemparan, kaki harus berada di tanah dan tidak boleh diangkat. Biasanya, lemparan ini dilakukan di luar garis ketika bola keluar dari area pertandingan.

  • Teknik Gerak Tipu

Ada pula teknik gerak tipu yang biasa dilakukan oleh para pemain. Umumnya gerakan ini dilakukan ketika menggiring bola. Tujuannya adalah untuk menipu lawan sehingga mereka tidak bisa merebut bola dari kaki Anda. Jika berhasil, Anda bisa meneruskan penguasaan bola maju ke depan menuju gawang lawan.

  • Teknik Menangkap Bola

Teknik terakhir adalah teknik yang hanya dilakukan oleh penjaga gawang atau kiper. Diantaranya adalah menangkap bola, bergulir di tanah bahkan menepis bola dengan lompatan.

 

Peraturan Dasar Sepak Bola

Peraturan dasar pada sepak bola dikeluarkan oleh FIFA dan jumlahnya sangat banyak. Yang paling mendasar adalah mengenai pemain, bola, waktu dan ukuran lapangan yang telah dibahas sebelumnya.

  • Berat Bola

Sebagai tambahan untuk peraturan mengenai bola, yang harus digunakan adalah bola yang memenuhi standar FIFA. Bola harus benar-benar bulat dan terbuat dari bahan berkualitas. Selain itu, berat bola juga harus berkisar antara 410 gram hingga 450 gram. Lalu bagaimana jika bola rusak? Jika kasusnya seperti ini, bola akan diganti dan akan diletakkan pada posisi semula.

  • Jumlah Pemain

Untuk aturan dalam pemain, jumlah pemain maksimal adalah 11 dengan satu pemain sebagai penjaga gawang. Jika tim kekurangan pemain, permainan akan berjalan jika anggota tim tidak kurang dari 7 pemain.

Ketika dalam pertandingan sebanyak 4 pemain melakukan pelanggaran dan diberi kartu merah oleh wasit, maka permainan dihentikan. Karena jika kurang dari jumlah 7 pemain, maka tim dianggap didiskualifikasi. Sedangkan untuk mengganti pemain, FIFA menyebut bahwa maksimal pergantian orang hanya 3 kali saja.

  • Pakaian Pemain

Ada pula peraturan yang membahas pakaian. Pakaian dari seorang pemain sepak bola di bawah suatu tim bisa saja mempengaruhi kesan tim sepak bola. Selain itu, jersey sepak bola juga menunjukkan identitas. Aturannya, setiap tim tidak boleh memiliki jersey dengan warna yang sama.

Dengan jersey, seseorang juga lebih mudah membedakan pemain masing-masing. Khusus bagi kiper, sarung tangan mungkin dibutuhkan untuk melindungi tangan dari benturan keras dari bola yang mengarah ke gawang. Biasanya, tim akan memperbarui jersey setiap musimnya.

Tidak hanya jersey, namun juga celana serta kaos kaki. Celana biasanya dipadukan dengan warna jersey sekalian. Sedangkan penggunaan kaos kaki juga mempunyai ketentuan. Selain harus sesuai, juga harus bisa melindungi tulang kering.

  • Peraturan Sewaktu Pertandingan

Peraturan selanjutnya adalah mengenai kick off atau pembuka pertandingan. Teknik pembuka tidak hanya dilakukan ketika permainan sepak bola dimulai, namun juga dilakukan setelah gol, serta pada pertandingan babak kedua.

Permainan sepak bola menggunakan sistem skor yang dihasilkan dari gol. Gol adalah ketika hasil dari memasukkan bola di gawang. Oleh FIFA dinyatakan bahwa sebuah gol dinyatakan sah jika bebas dari pelanggaran.

Untuk menciptakan gol, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yaitu gol biasa dengan memasukkan bola ke gawang lawan, gol bunuh diri atau memasukkan gol ke gawang sendiri, tendangan bebas serta dengan penalti. Namun yang terpenting, jika wasit mengesahkan gol maka gol akan sah.

  • Hukuman dan Pelanggaran

Selanjutnya adalah aturan mengenai pelanggaran beserta hukumannya. Pada permainan sepak bola sering dijumpai pelanggaran seperti hands ball, tackle maupun kejadian tidak disengaja lainnya yang dilakukan oleh pemain.

Hukuman terhadap pelanggaran bisa bermacam-macam. Ada yang dikenai sanksi kartu kuning dan kartu merah. Jika dikenai kartu merah, maka kemungkinan tidak bisa bermain dalam ajang sepak bola sangat tinggi. Salah satu aturannya adalah jika dalam suatu pertandingan terdapat pemain yang diberi 3 kartu kuning, maka tidak bisa dimainkan dalam pertandingan selanjutnya. Sedangkan pemain yang diberi kartu merah mempunyai arti dia dikeluarkan dari pertandingan karena pelanggaran yang dilakukannya.

Di atas disebutkan bahwa sebuah gol bisa dihasilkan dari tendangan bebas. Nah, tendangan bebas ini memiliki aturan tersendiri. Tendangan bebas hanya berlaku ketika ada pelanggaran dan dilakukan dari posisi di mana pelanggaran itu terjadi. Ada dua jenis tendangan bebas, yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Tendangan bebas langsung adalah mengarahkan bola ke gawang lawan, sedangkan tendangan bebas tidak langsung melalui oper kepada rekan tim terlebih dahulu.

Tendangan penalty pun ada aturannya sendiri. Tendangan ini berlaku karena adanya pelanggaran berat seperti menjatuhkan lawan di kotak penalty dan melakukan hands ball. Tendangan ini hanya dilakukan oleh satu orang ke gawang lawan.

Aturan lainnya adalah tendangan gawang yang hanya dilakukan oleh kiper. Jika lawan menendang bola namun tidak masuk ke dalam gawang, maka kiper akan melakukan tindakan ini.

Yang terakhir adalah tendangan sudut. Tendangan ini dilakukan di salah satu sudut lapangan sepak bola. Tendangan ini merupakan hukuman jika tim lawan mengeluarkan bola ke luar lapangan di daerah mereka sendiri.

 

Posisi Pemain Sepak Bola

Posisi pemain sepak bola beragam tergantung sistem pemainnya yang digunakan. Biasanya dalam satu tim akan dibagi 1 orang sebagai penjaga gawang, 2-4 pemain bertahan, kemudian 2-5 pemain tengah dan sekitar 1-3 pemain penyerang. Dalam dunia sepak bola terdapat sistem penempatan pemain dalam sebuah posisi seperti sistem 4-4-2 dan sistem bergantung kepada pelatih yang ingin menerapkan permainan.

Dalam permainan, salah satu pemain akan dijadikan kapten tim. Ia akan mengkomando seluruh tim agar bisa bekerja sama dengan baik.

Untuk pemain bertahan merupakan pemain yang berada di lini belakang. Ia akan ikut membantu menjaga gawang dari serangan musuh. Mereka mempunyai tugas untuk memblokir serangan musuh yang berhasil masuk lini tengah.

Tim pemain tengah merupakan tim yang mendukung striker dalam menyerang grup lawan. Pemain yang berada di posisi ini biasanya disebut sebagai gelandang, Ia bertugas mengatur tempo permainan. Ia akan waspada jika striker mengalami kekalahan dalam menguasai bola.

Sedangkan untuk pemain penyerang atau striker adalah pemain yang bertugas menggiring bola ke gawang lawan dengan harapan bisa membuat gol untuk memenangkan pertandingkan.

Sumber:

loading...

Leave a Reply