IPS

Pengertian Pergaulan Bebas – Dampak, Contoh, Penyebab, Cara Mengatasi

Pergaulan bebas ialah salah satu perilaku menyimpang yang sudah melampaui batas dari suatu kewajiban, aturan, dan suatu syarat. Pergaulan menyimpang ini pun dapat dikatakan sebagai suatu tindakan menyimpang yang sudah melanggar norma kesusilaan maupun norma agama.

Perilaku menyimpang yang diartikan sebagai suatu hal yang negatif ini akan sangat berbahaya dampaknya jika dibiarkan terus-menerus. Untuk mengantisipasi dan mengatasi sebuah masalah pergaulan bebas yang terjadi pada anak Anda atau orang di sekeliling Anda.

Pengertian Pergaulan Bebas

Pengertian pergaulan bebas ialah sebuah arti yang diambil dari kata pergaulan dan bebas. Hal itu secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu proses interaksi antara individu maupun kelompok yang terlepas dari kewajiban dan aturannya tentang segala hal yang bersangkutan pada norma agama dan kesusilaan.

Seperti yang kita tahu bahwa suatu bentuk pergaulan akan sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang yang akan terbentuk. Terkadang sebuah hubungan atau pergaulan yang terjalin antara beberapa individu ataupun kelompok dapat menimbulkan suatu dampak yang positif dan negatif. Khususnya untuk masalah pergaulan bebas ini, yang sering didapatkan oleh setiap pelakunya ialah pengaruh negatif dibandingkan dengan positifnya.

Sadarkah Anda, bahwa terjadinya suatu hal yang negatif atau positif pasti muncul karena adanya suatu dorongan atau sebab. Terutama pada masalah pergaulan bebas yang menjurus ke arah negatif ini. Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab dari tindak pergaulan bebas ini maka perhatikan penjelasan di bawah ini!

 

5 Penyebab Pergaulan Bebas

1. Orang Tua

Orang tua ialah salah satu faktor atau penyebab utama yang memicu seseorang khususnya remaja terjerumus ke dalam masalah pergaulan bebas. Seringkali terjadi pertikaian antara suami istri karena hal sepele atau bahkan masalah yang serius di dalam rumah tangga.

Dari masalah tersebut, timbullah adu argumen dan percekcokan antara suami dan istri yang langsung dilihat oleh anak tersebut. secara otomatis, hal ini akan membuat psikologis anak menjadi terguncang dan trauma terhadap  hal apa yang barusan ia lihat. Masalah pada orang tua ialah salah satu penyebab utama yang sering membuat seorang anak akhirnya terjerumus ke dalam masalah pergaulan bebas.

2. Lingkungan

Lingkungan ialah salah satu faktor utama yang sangat mendukung tumbuh kembang dan pola pikir seorang anak atau remaja. Lingkungan yang tidak sehat dan kurang mendukung anak akan memicu hal yang negatif terhadap anak tersebut. Gaya meniru akan hal buruk yang terjadi di lingkungan mereka akan membuat mereka mudah terjerumus ke dalam masalah pergaulan bebas.

3. Media Massa

Media Massa merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah pergaulan bebas yang saat ini masih menjamur dan sulit untuk dihadapi. Dengan kecanggihan teknologi baru dalam penyebaran informasi di Media Massa yang memuat konten tidak sehat akan mempengaruhi seorang anak masuk dalam jurang pergaulan bebas.

4. Kurangnya Pendidikan Tentang Nilai-Nilai Norma

Kurangnya pendidikan akan sebuah nilai dan norma akan membuat anak tidak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Tanpa adanya dukungan pendidikan tentang pengetahuan nilai dan norma tentang suatu aturan yang berlaku, maka seorang anak tidak dapat terlepas dari jerat pergaulan bebas.

5. Lemahnya Pemahaman Keagamaan

Seorang anak yang jauh dari keyakinan atau agamanya akan mudah terseret ke dalam dunia pergaulan bebas. Saat ia tidak memiliki sebuah tiang kepercayaan dan keyakinan dalam hidupnya, maka hatinya akan mudah goyah. Pada akhirnya ia akan mudah terbujuk oleh lingkungan sekitarnya untuk masuk ke dalam dunia pergaulan bebas.

Banyak sekali penyebab dari terjadinya pergaulan bebas pada remaja masa ini. Dari mulai hal yang sepele hingga yang serius, semua penyebab di atas patut Anda waspadai agar anak Anda tidak masuk dalam jurang kehancuran dari pergaulan bebas.

Tidak hanya memberikan efek atau pengaruh negatif, pergaulan bebas yang terjadi pada kehidupan seseorang pun akan memberikan dampak yang sangat mengkhawatirkan. Inilah beberapa dampak yang akan diterima oleh orang-orang yang masuk dalam dunia pergaulan bebas!

 

4 Dampak Pergaulan Bebas

1. Putus Sekolah

Putus sekolah menjadi dampak yang sangat sering terjadi di kalangan para remaja masa kini. Saat seorang tidak lagi membutuhkan sebuah pendidikan dan lebih mementingkan ego mereka di dunia pergaulan bebas, maka putus sekolah ialah keputusan akhirnya. Keputusan ini tentu sangat memberikan efek negatif untuk keluarga, dirinya sendiri, dan juga masa depannya.

2. Kriminalitas

Tidak memiliki pikiran yang jernih dan akal yang tidak sehat akan memicu mereka melakukan tindak kriminal seperti mencuri, merampok, memperkosa, bahkan membunuh seseorang. Hal ini dapat disebabkan karena obat-obatan terlarang dan bujukan teman sepergaulan mereka dalam dunia pergaulan bebas.

3. Penyakit Sosial

Dampak negatif yang terjadi saat seseorang sudah masuk dalam dunia pergaulan bebas ialah tidak adanya rasa empati dan belas kasih dalam diri orang tersebut. Mereka akan dengan gampangnya melakukan sesuatu hal yang buruk untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka akan melazimkan segala cara, sekalipun hal itu membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

4. Masalah Kesehatan Sosial

Pergaulan bebas yang sering terjadi pada remaja masa kini ialah tertularnya penyakit HIV/AIDS. Akibat pergaulan yang tidak sehat dan tanpa batas ini dapat menimbulkan efek yang sangat mengerikan pada pelakunya. Hampir semua remaja korban pergaulan bebas mengidap penyakit serius seperti HIV dan AIDS.

 

Contoh Pergaulan Bebas

1. Seks bebas

Seks bebas ialah salah satu contoh tindak pergaulan bebas yang sering dilakukan oleh remaja-remaja masa kini. Hanya demi kenikmatan sementara, mereka melakukannya dengan teman sepergaulan mereka.

2. Narkoba

Narkoba menjadi ancaman terberat bagi semua kalangan remaja di Indonesia. Mengkonsumsi Narkoba sering dijadikan sebagai pelarian terbaik mereka untuk menyelesaikan masalah dan beban hidup yang mereka jalani.

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol atau miras seakan menjadi kebiasaan bagi anak-anak remaja saat ini yang sudah masuk dalam pergaulan bebas. Mereka berpikir dengan mabok-mabokan, hidup mereka akan lebih enjoy dan bahagia.

Untuk menghadapi semua masalah pergaulan bebas tersebut, perlu adanya suatu tindakan yang perlu di lakukan, yaitu:

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

1. Rajin beribadah 

Dengan rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan akan membuat hidup lebih damai dan aman dari godaan buruk.

2. Mengisi waktu dengan hal positif

Carilah kegiatan yang bagus untuk mengembangkan potensi diri secara positif seperti bakti sosial, kegiatan ekstrakurikuler, dan lainnya.

3. Membatasi diri dengan lingkungan

Agar terhindar dari pergaulan bebas, usahakan untuk dapat memilah dan memilih manakan pergaulan yang baik dan yang tidak baik. Dekati yang baik dan jauhi yang buruk.

4. Berkonsultasi dengan orang tua

Saat masalah serius terjadi dalam kehidupan remaja Anda, maka usahakan untuk memecahkannya dengan meminta saran kepada orang tua.

5. Hindari berpacaran

Untuk menghindari hal-hal negatif yang terjadi pada diri anak Anda, maka usahakan untuk memberikan pemahaman padanya bahwa pacaran itu bukanlah hal yang dibenarkan.

6. Memberikan nasihat

Nasihatilah anak dan orang-orang di sekitar Anda tentang sebab dan akibat terjadinya suatu pergaulan bebas. Agar mereka lebih hati-hati dengan kehidupan remaja mereka, maka nasihat itu harus selalu diberikan.

 

Dengan mengetahui pengertian tentang pergaulan bebas, penyebab, dampak, contoh, dan cara mengatasinya, kini Anda bisa berhati-hati dalam menjaga anak-anak Anda. Bantu mereka untuk terhindar dari pergaulan bebas dengan memahami ulasan di atas dengan baik.

Sumber:

loading...

Leave a Reply