IPA

Pengertian Pemanasan Global – Dampak, Penyebab, Proses, Solusi

Pemanasan Global merupakan suatu kondisi dimana suhu rata-rata pada permukaan bumi mengalami sebuah peningkatan yang luar biasa.

Menurut Natural Resource Defence Council, pemanasan global tersebut diakibatkan karena adanya suatu konsentrasi rumah kaca yang berlebih. Pemanasan global yang terjadi pada bumi akan sangat membahayakan setiap penghuni bumi. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu tentang pemahaman pemanasan global pada permukaan bumi.

Perlu Anda ketahui bahwa pemanasan global tidak lepas dari suatu fenomena pencemaran udara di bumi ini. Pencemaran udara ini diakibatkan karena adanya suatu peningkatan pada volume karbon dioksida dan gas rumah kaca.

Volume gas dan karbon tersebut keluar akibat adanya suatu pembakaran bahan fosil, pembukaan lahan dan pertanian, serta berbagai macam aktivitas manusia yang mengakibatkan terjadinya peningkatan suatu  zat karbon dioksida .

Sudahkah Anda tahu dan paham tentang terjadinya suatu pemanasan global pada bumi?

Jika Anda belum tahu, maka pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang pengertian pemanasan global, penyebab, dampak, proses terjadinya, dan cara mengatasi bila sewaktu-waktu terjadi suatu pemanasan global berlebih.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pemahaman lebih mengenai pemanasan global, berikut ini ada beberapa pengertian pemanasan global menurut para ahli.

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

Di bawah ini ada 12 pengertian mengenai pemanasan global menurut para ahli dari berbagai macam negara.

  1. The American Heritage Science Dictionary berpendapat bahwa pemanasan global merupakan suatu kondisi dimana adanya suatu perubahan drastis pada suhu rata-rata atmosfer bumi, yang mana perubahan peningkatan suhu tersebut semakin lama semakin besar dan mengakibatkan adanya suatu perubahan iklim secara global.
  2. New Mexico Solar Energy Association berpendapat bahwa pemanasan global ialah suatu kondisi dari peningkatan suhu pada permukaan bumi akibat adanya suatu gas rumah kaca. Contoh dari perubahan ini dapat dilihat dari perubahan sebuah reaksi sumber emisi karbon dioksida (C02) yang berasal dari suatu kegiatan dan aktivitas dari penggunaan bahan bakar yang tidak dapat diperbarui.
  3. NASA berpendapat bahwa pemanasan global merupakan suatu kondisi dimana suhu rata-rata permukaan bumi meningkat akibat adanya suatu kadar gas rumah kaca.
  4. Dictionary berpendapat bahwa suatu perubahan peningkatan suhu rata-rata pada atmosfer bumi akan mengakibatkan suatu perubahan iklim dan kemungkinan terbesar akan mengakibatkan suatu dampak dari sebuah efek rumah kaca.
  5. Live Science berpendapat bahwa pemanasan global ialah suatu kondisi dimana adanya suatu pemanasan permukaan bumi, lautan, dan atmosfer yang terjadi secara bertahap.
  6. Time for change berpendapat bahwa pemanasan global merupakan suatu keadaan dimana adanya suatu peningkatan pada suhu rata-rata atmosfer dan lautan bumi. Pembuktian tentang pendapat ini didasari dengan hasil pengamatan dan hasil proyeksi perhitungan dari beberapa ahli.
  7. US EPA berpendapat bahwa pemanasan global merupakan suatu kondisi peningkatan suhu bumi yang mengacu pada rata-rata permukaan bumi. Terjadinya suatu pemanasan global ini disebabkan karena adanya suatu perubahan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca pada atmosfer bumi. Pemanasan ini merupakan salah satu aspek terjadinya suatu pola perubahan iklim.
  8. Pada Merriam Webster dijelaskan bahwa pemanasan global merupakan suatu keadaan dimana suhu atmosfer bumi dan suhu lautan bumi secara luas mengalami peningkatan. Peningkatan suhu ini diperkirakan karena adanya suatu pengaruh pada efek rumah kaca dan polusi udara yang terjadi pada bumi.
  9. Menurut US Liberals, pemanasan global merupakan suatu kondisi yang mengacu pada peningkatan suhu dari rata-rata udara dalam permukaan global dan lautan sejak tahun 1950 lalu, dan mengalami peningkatan terus-menerus.
  10. Britannica berpendapat bahwa pemanasan global merupakan suatu fenomena alam secara umum yang mengacu pada perubahan iklim. Fenomena ini pun mengacu pada sebuah perubahan yang menentukan pada iklim di bumi.
  11. Menurut WWF, pemanasan global merupakan suatu peningkatan suhu atmosfer bumi yang bersumber dari dampak pemakaian rumah kaca di bumi. Selain rumah kaca, gas karbon dioksida pun menjadi salah satu alasan terjadinya suatu pemanasan global di bumi.
  12. Climatehotmap berpendapat bahwa pemanasan global merupakan suatu kondisi dimana terjadinya suatu peningkatan suhu pada permukaan bumi yang diakibatkan karena adanya suatu peningkatan pada emisi gas karbon dioksida. Terjadinya suatu peningkatan gas karbon dioksida yang menyebabkan suatu pemanasan global ini merupakan suatu dampak dari aktivitas manusia yang berlebihan dalam pemakaian bahan bakar.

Jadi demikianlah pengertian pemanasan global menurut pendapat para ahli dari berbagai macam negara.

Setelah Anda mengetahui pengertian dari sebuah fenomena pemanasan global, maka Anda pun perlu mengetahui tentang hal apa saja yang menjadi faktor utama atau penyebab utama terjadinya suatu pemanasan global.

Di bawah ini ada beberapa penyebab dari pemanasan yang perlu Anda waspadai.

 

Penyebab Pemanasan Global

  1. Meningkatnya gas karbon monoksida

Peningkatan yang terjadi pada gas karbon monoksida akibat polusi dari kendaraan bermotor dapat menyebabkan pemanasan global. Akibat dari ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan sekitar, maka seringkali pemanasan global akibat polusi udara semakin meningkat.

  1. Efek rumah kaca 

Penggunaan rumah kaca pada rumah-rumah elit ini pun sebenarnya menjadi faktor utama terjadinya suatu pemanasan global. Kaca yang mendapatkan pantulan panas akan mengakibatkan suatu reaksi berbahaya pada atmosfer bumi yaitu pemanasan global.

  1. Hutan semakin sempit

Hutan yang sering digunduli akan berdampak sangat berbahaya bagi setiap penghuni bumi. Kurangnya jumlah oksigen dalam bumi pun sangat fatal. Hal ini dapat mengakibatkan sebuah pemanasan global yang besar.

  1. Gas buang atau limbah industri

Gas buang atau limbah dari suatu pabrik yang terjadi terus-menerus akan mencemari lingkungan udara sekitar. Bila hal ini dibiarkan saja maka yang akan terjadi ialah sebuah pemanasan global yang dahsyat akibat gas buang industri.

  1. Pemakaian listrik berlebihan

Mungkin Anda tidak pernah menyadari bukan, bahwa pemakaian listrik yang berlebihan akan mengakibatkan dampak besar terhadap pemanasan global. Maka dari itu, gunakanlah daya listrik sebaik mungkin yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam kehidupan sehari-hari.

 

Jadi demikianlah beberapa penyebab utama terjadinya suatu pemanasan global. Tahukah Anda bahwa terjadinya suatu pemanasan global ini memberikan sebuah dampak pada lingkungan sekitar di bumi. Simak ulasan mengenai dampak pemanasan global berikut ini!

 

Dampak Pemanasan Global

Suatu kondisi pemanasan global sangat memberikan efek atau dampak yang berat bagi makhluk hidup di bumi terutama manusia. Dengan terjadinya suatu pemanasan global maka, lingkungan yang kita tinggali pun akan semakin tercemar.

Akibat reaksi dari karbon dioksida dan gas yang tidak bisa terkondisikan akhirnya bumi akan sulit menghasilkan oksigen dalam setiap harinya. Berikut ini ada beberapa dampak pemanasan global secara umum:

  1. Perubahan cuaca dan iklim

Perubahan yang sering dialami bumi saat terkena suatu pemanasan global ialah adanya perubahan pada cuaca dan iklimnya. Dengan adanya suatu perubahan tingkatan pada suhu di bumi, maka akan sangat mudah cuaca dan iklim di bumi berubah.

Dampak yang bisa Anda lihat sebagai bukti dari perubahan iklim ialah:

  • Air yang berada di tanah akan mudah menguap
  • Angin akan tertiup lebih kencang daripada biasanya
  • Gunung-gunung es yang berada di kutub utara akan perlahan mencair
  • Cuaca dalam sehari-hari akan sulit diperkirakan
  1. Pengaruh terhadap tumbuhan

Tidak hanya manusia dan benda sekitar saja yang dapat mendapatkan efek atau dampak dari pemanasan global ini. Tumbuhan merupakan suatu makhluk hidup yang sangat peka terhadap terjadinya suatu peningkatan suhu pada kondisi pemanasan global. Akibat suhu bumi yang tidak stabil, maka tumbuhan akan mudah punah dan rusak.

Berikut ini ada beberapa dampak yang akan diterima tumbuhan saat terjadi pemanasan global.

  • Tumbuhan akan sangat mudah layu dan rusak
  • Hutan mangrove akan mengurang lambat tahun
  • Tumbuhan akan sukar mendapatkan nutrisi dan kesuburannya akan semakin turun
  1. Pengaruh pada manusia

Pengaruh dari pemanasan global ini akan mudah sekali dapat dirasakan oleh manusia. Akibat dari pencemaran udara dan sulit mendapatkan udara bersih maka banyak dampak tidak baik yang akan diterima manusia seperti:

  • Terjadinya suatu penyakit dan alergi
  • Penyakit infeksi semakin menghantui manusia
  • Populasi manusia yang meninggal akibat penyakit akan semakin tinggi

Lalu bagaimanakah sebenarnya proses pemanasan global itu terjadi? Berikut ini ialah penjelasan tentang terjadinya suatu pemanasan global pada permukaan bumi.

 

Proses Terjadinya Pemanasan Global

Pemanasan global yang terjadi pada permukaan bumi ini ditandai dengan sebuah pemantulan cahaya matahari yang terang, yang semakin lama akan memberikan efek panas pada suhu di bumi.

Suhu panas semakin meningkat ini terjadi akibat adanya suatu radiasi pada matahari terhadap bumi. Lapisan ozon pada bumi akan semakin menipis akibat radiasi dari matahari semakin lama semakin meningkat.

Proses terjadinya suatu pemanasan global ini dimulai dari pemantulan cahaya matahari ke bumi lalu memantul lagi ke angkasa dan kembali ke bumi lagi. Proses radiasi matahari ini merupakan sebuah pemantulan sinar matahari yang terlalu berlebihan ke bumi.

 

Cara Mengatasi Pemanasan Global

  1. Kurangilah pemakaian kendaraan bermotor

Cara mengurangi pemakaian kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak akan sangat baik dalam pemulihan kembali suatu pemanasan global.

  1. Mengubah perilaku pribadi

Untuk memulai suatu langkah mengatasi masalah pemanasan global, maka yang perlu Anda lakukan ialah merubah segala perilaku pribadi yang tidak baik bagi keadaan lingkungan sekitar.

Contohnya ialah menghemat pemakaian listrik, melakukan reboisasi, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau mobil, dan mengurangi pemakaian rumah kaca.

  1. Mengurangi gas karbon dioksida

Gas karbon dioksida merupakan suatu zat yang sangat berbahaya jika terus dihirup oleh makhluk hidup terutama manusia.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi peningkatan gas karbon dioksida pada bumi, lakukanlah sebuah langkah penanaman hutan kembali atau penghijauan lingkungan.

  1. Membuat saluran ventilasi rumah

Ventilasi yang cukup dalam rumah akan membantu Anda mendapatkan pasokan udara atau oksigen yang banyak. Dengan demikian maka rumah Anda akan lebih sejuk dan Anda pun akan merasa nyaman karena terhindar dari efek n global.

 

Jadi demikianlah pengertian dan penjelasan secara detail mengenai pemanasan global. Setelah membaca ulasan ini, semoga Anda akan lebih tanggap dalam melakukan suatu hal yang berpengaruh pada bumi ini.

Hindarilah hal-hal yang merusak bumi, mari sayangi dan cintai bumi ini agar terhindar dari pemanasan global yang berbahaya itu.

Sumber:

loading...

Leave a Reply