Pengertian Pasar Modal – Fungsi, Manfaat, Produk, Sejarah

Pasar modal adalah salah satu istilah yang mungkin sudah sering terdengar di telinga Anda. Namun ternyata, masih banyak orang yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan pasar modal. Artikel kali ini akan menjelaskan secara lengkap tentang sejarah terbentuknya pasar modal, pengertian pasar modal, manfaat, dan berbagai macam hal lainnya tentang pasar modal.

Ketika berbicara tentang pasar modal, hal apakah yang terbayang di benak Anda? Tentu saja, hal tersebut pasti berhubungan dengan penawaran dan perdagangan. Berbeda dengan berdagang di pasar, hal yang dijual di pasar modal adalah surat-surat berharga. Namun, pasar modal juga hampir sama dengan pasar biasa dimana di dalam pasar tersebut akan bertemu pedagang dan pembeli yang akan melakukan penawaran.

Terdapat berbagai hal yang biasanya dijual di pasar modal. Beberapa hal yang biasanya ditawarkan adalah sesuatu yang memiliki jangka penggunaan yang panjang. Contohnya saja, surat berharga, saham, obligasi, surat pengakuan utang, dan masih banyak lagi instrumen jangka panjang yang biasanya ditawarkan di pasar modal.

Dengan adanya pasar modal, seseorang yang memiliki dana atau yang lebih dikenal dengan sebutan investor akan bertemu dengan pihak perusahaan yang memerlukan dana. Itulah mengapa Anda akan bertemu dengan banyak sekali investor di pasar modal untuk bersama-sama memperebutkan berbagai macam jenis surat berharga yang menarik.

Memahami pasar modal juga merupakan salah satu ilmu ekonomi yang sangat baik. Baiklah, mari pahami lebih jauh mengenai pasar bebas.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

Terdapat berbagai pendapat dari para ahli mengenai pasar modal. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pasar modal seperti halnya dengan pasar pada umumnya merupakan tempat di mana bertemunya para pelaku ekonomi seperti investor dan perusahaan yang memerlukan dana untuk melakukan kegiatan jual beli modal.

Namun demikian, Anda bisa mempertimbangkan tentang beberapa pengertian mengenai pasar modal dari beberapa ahli berikut ini.

  1. UU Pasar Modal No 8 Tahun 1995

Dalam Undang-Undang pasar modal No 8 Tahun 1995 telah disampaikan mengenai pengertian dari pasar modal. Pasar modal merupakan salah satu kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan efek, serta perusahaan yang berkaitan dengan efek tersebut.

Efek yang dimaksud di sini adalah surat-surat berharga seperti saham, obligasi, dan lainnya. Perusahaan yang berkaitan dengan efek tersebut adalah perusahaan yang membeli saham tersebut.

  1. Fahmi dan Hadi

Fahmi dan Hadi berpendapat bahwa pasar modal merupakan tempat bertemunya berbagai pihak untuk menjual sesuatu yang berjangka panjang seperti obligasi maupun saham.

Biasanya, hal ini dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapatkan bisa digunakan sebagai tambahan dana untuk meningkatkan modal dari perusahaan tersebut.

  1. Sunariyah

Hampir sama dengan pendapat sebelumnya, Sunariyah mengungkapkan bahwa pasar modal merupakan tempat pertemuan antara suatu penawaran dengan permintaan surat-surat berharga.

Pasar modal merupakan tempat dimana perusahaan atau badan yang memiliki dana yang lebih untuk melakukan investasi atas surat berharga yang ditawarkan oleh perusahaan yang membutuhkan dana.

  1. Suad Husnan

Suad Husnan memiliki pendapat secara formal mengenai pengertian dari pasar modal.

uad mengungkapkan bahwa pasar modal merupakan suatu temat dimana berbagai macam instrumen yang memiliki jangka panjang seperti obligasi, saham, atau pun surat-surat berharga dapat diperjualkan dalam berbagai bentuk baik dalam bentuk modal maupun hutang.

  1. Keputusan Menteri Keuangan RI No .1548/KMK/1990

Pasar modal merupakan salah satu bentuk dari sistem keuangan yang telah terorganisasi dengan baik. Di dalamnya terdapat lembaga perantara yang bergerak di dalam bidang keuangan seperti bank komersial bersama surat-surat berharga yang telah beredar.

 

Dari beberapa pendapat yang telah disampaikan para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pasar modal merupakan salah satu tempat dimana berbagai perusahaan atau lembaga yang memiliki dana berlebih dan dalam hal ini berperan sebagai investor akan bertemu dengan perusahaan yang memerlukan dana, dan nantinya akan terjadi kegiatan investasi yang menguntungkan kedua belah pihak tersebut.

 

Fungsi Pasar Modal

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia investasi, Anda pasti sudah merasakan manfaat dari pasar modal. Itulah mengapa Anda harus benar-benar paham tentang fungsi dari pasar modal itu sendiri.

Pasar modal merupakan suatu kegiatan yang berhubungan langsung dengan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, manfaat pasar modal sangat erat kaitannya dengan fungsi ekonomi bagi masyarakat. Berikut beberapa fungsi dari adanya pasar modal untuk masyarakat.

  1. Menjadi tempat bagi investor untuk melakukan kegiatan investasi

Tidak dipungkiri lagi, hal yang paling sering diperjualkan dalam pasar modal adalah sesuatu yang memiliki kegunaan dalam jangka yang panjang. Inilah tempat di mana investor akan mencari keuntungan dalam berinvestasi. Investor akan bertemu dengan perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan dana.

Dengan demikian, investor dapat melakukan investasi dari dana yang mereka miliki untuk perusahaan-perusahaan yang memerlukan dana. Nantinya, pihak perusahaan juga akan memberikan keuntungan atau imbalan atas investasi yang telah dilakukannya di perusahaan. Jadi, akan ada timbal balik dari investor dan perusahaan dalam kegiatan investasi yang dilakukan.

  1. Menjadi tempat bagi perusahaan untuk mengembangkan kemampuannya

Seperti halnya dengan investor yang mencari keuntungan, perusahaan juga bisa menemukan penyedia dana untuk meningkatkan atau mengembangkan perusahaan yang dimilikinya.

Dengan demikian, tidak hanya perusahaan besar yang dapat berkembang. Perusahaan kecil yang memiliki produk menarik pun dapat menarik hati para investor untuk mendanai kegiatan mereka.

  1. Membuat perusahaan menjadi dikenal

Adanya pasar modal menjadi salah satu tempat dimana perusahaan-perusahaan akan tampil di depan umum untuk mempromosikan kegiatan yang mereka miliki dan yang akan dikembangkannya. Nantinya, para investor yang datang pun akan tertarik dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

Jika sudah mendapatkan perhatian dari para investor, bukan tidak mungkin investor akan memilih untuk mendanai perusahaan tersebut.

  1. Perekonomian Negara menjadi lebih meningkat

Mengapa dapat dikatakan perekonomian negara menjadi lebih meningkat? Adanya pasar modal sendiri telah membuktikan bahwa kegiatan usaha telah berjalan dengan baik.

Begitu banyak fungsi dari adanya pasar modal sehingga diharapkan pasar modal memang benar-benar memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

 

Manfaat Pasar Modal

Selanjutnya, apakah manfaat dari pasar modal? Jika Anda telah mempelajari tentang berbagai macam fungsi dari pasar modal di atas, maka setidaknya Anda sudah bisa menyimpulkan sedikit mengenai manfaat dari pasar modal. Berikut beberapa manfaat dari pasar modal bagi masyarakat.

  1. Membuka lapangan pekerjaan

Manfaat yang pertama adalah membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Berbagai perusahaan pastinya akan mendapat dana tambahan dari investor dengan adanya pasar modal. Dana tersebut pastilah akan digunakan untuk meningkatkan perusahaannya.

Dalam rangka meningkatkan perusahaan, perusahaan akan merekrut banyak tenaga kerja untuk membuka cabang atau pun menciptakan bisnis yang baru. Lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang masih menganggur pun akan terbuka dengan lebih lebar.

  1. Masyarakat dapat memperoleh barang konsumsi dengan lebih mudah

Berbagai kebutuhan konsumsi seperti sandang dan pangan tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Secara tidak langsung, barang-barang tersebut dapat diperoleh masyarakat dengan lebih mudah dengan adanya pasar modal.

Mengapa demikian?

Karena perusahaan yang menghasilkan produk konsumsi memperoleh dana tambahan untuk mengembangkan usahanya, maka perusahaan pun dapat mendistribusikan barang-barang produksi kepada masyarakat dengan lebih baik. Jadi, masyarakat bisa menikmati barang konsumsi dengan lebih mudah.

  1. Membuat masyarakat yang ingin menjadi investor menemukan jalan

Banyak orang yang sebenarnya ingin menjadi investor namun tidak tahu akan mulai dari mana. Dengan adanya pasar modal, para investor baru dapat bergabung di dalamnya untuk mulai menemukan investasi yang tepat untuk mereka.

  1. Masyarakat dapat menikmati keuntungan umum dari perusahaan

Apakah maksudnya? Jika perusahaan yang telah mendapatkan dana dan sedang berusaha meningkatkan perusahaannya tersebut ternyata memang berjalan dengan mulus, maka sudah jelas perusahaan tersebut mendapatkan banyak keuntungan.

Banyaknya keuntungan yang didapat akan membuat perusahaan memberikan bonus untuk karyawannya. Pemerintah pun akan mendapatkan pajak dari perusahaan.

 

Begitu banyak manfaat dari pasar modal bagi masyarakat, dan Anda pun dapat berperan serta atau bergabung dalam kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Lalu sebenarnya, bagaimana pasar modal di Indonesia itu terbentuk? Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa mempelajari tentang sejarah terbentuknya pasar modal berikut ini.

 

Sejarah Pasar Modal

Pasar modal di Indonesia sebenarnya sudah terbentuk sejak abad ke 19. Pada masa tersebut, bahkan Indonesia masih dalam masa penjajahan kolonial Belanda. Batavia yang sekarang menjadi Jakarta menjadi tempat didirikannya bursa efek oleh Amserdamse Effectenbueurs. Pada masa itu, masyarakat belum berperan aktif dalam kegiatan pasar modal.

Selanjutnya, pada masa pemerintahan orde baru pemerintah Indonesia lebih terbuka dalam menerima modal asing dari luar negeri. Hal tersebut dilakukan agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia pun lebih meningkat. Namun demikian, tetap ada aturan-aturan yang harus dilakukan yang telah ditetapkan dalam Keputusan Presiden mengenai pasar modal.

Pasar modal di Indonesia kembali mengalami perubahan pada tahun 1995 di mana Jakarta Automatic Trading System telah diberlakukan. Sistem bursa ini dapat dilakukan secara otomatis yang sebelumnya dilakukan secara manual. Perdagangan jarak jauh pun bisa dilakukan dengan menggunakan Remote Trading. Begitulah, dengan berbagai rintangan yang ada pasar modal tetap ada di hati masyarakat sampai sekarang.

 

Produk Pasar Modal

Hal terakhir yang akan dijelaskan tentang pasar modal adalah produk yang dijual. Namun, Anda pastinya sudah dapat menebak produk apa saja diperjualbelikan dalam pasar modal. Penjelasan-penjelasan di atas pun sudah sedikit menyinggung tentang produk pasar modal.

Berbagai produk pasar modal adalah sebagai berikut!

  1. Saham

Sudah sangat jelas bahwa saham adalah hal yang biasa ditawarkan di pasar modal. Para investor akan menanamkan saham mereka pada perusahaan terpercaya yang membutuhkan dana. Terdapat berbagai jenis saham dan yang paling biasa adalah jenis Saham Unggulan.

  1. Obligasi

Obligasi disebut juga dengan surat pengakuan utang. Pihak yang menerbitkan obligasi nantinya akan mendapatkan pinjaman dari pemegang obligasi tersebut. Terdapat aturan yang harus dipatuhi hingga jatuh tempo.

  1. Reksadana

Reksadana hampir sama seperti saham. Namun, reksadana sebenarnya adalah himpunan dana dari masyarakat yang dimanajeri untuk kemudian dijadikan sebagai investasi dalam bentuk surat berharga.

  1. Waran

Waran merupakan salah satu hak untuk membeli saham dengan waktu yang telah ditentukan. Tentunya, sebagai investor akan sangat senang ketika berinvestasi dalam keadaan suku bunga bank yang tinggi.

 

Itulah penjelasan mengenai pasar modal beserta fungsi, manfaat, sejarah, dan produk yang dihasilkannya. Jadilah pelaku pasar modal yang sukses di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal bisa coba untuk membaca artikelĀ https://id.wikihow.com/Membeli-Saham.

Sumber:

loading...

Leave a Reply