IPA

Pengertian Lingkungan Hidup – Masalah, Manfaat, dan Komponennya

Dalam sebuah definisi secara luas, lingkungan hidup dapat diartikan sebagai suatu kesatuan antara seluruh makhluk yang ada di bumi ini, baik itu hidup atau non-hidup. Dalam sebuah lingkungan hidup terjadi suatu interaksi antara semua spesies dan sumber daya di sekitarnya.

Sudahkah Anda memahami betul mengenai sebuah artian dari lingkungan hidup menurut beberapa ahli?

Jika belum, maka berikut ini kami mempunyai ulasan lengkap mengenai pengertian lingkungan hidup menurut pendapat para ahli.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah beberapa pengertian lingkungan hidup secara spesifik menurut pendapat para ahli, antara lain:

  1. Emil Salim

Lingkungan hidup merupakan suatu kondisi atau keadaan suatu benda atau makhluk yang memiliki pengaruh besar terhadap ruang lingkup hidupnya.

Pengaruh atau interaksi yang dibuat oleh sebuah benda atau makhluk ini berdasarkan dengan ruangan atau lingkungan yang sedang ia tinggali. Beberapa hal dapat dipengaruhi oleh sebuah benda atau makhluk dalam suatu lingkungan, antara lain hewan, tumbuhan, dan manusia.

  1. Seomawoto

Lingkungan hidup merupakan suatu keadaan dimana seluruh benda yang ada dalam sebuah ruangan yang kita tempati akan memberikan pengaruh atau dampak pada kehidupan kita.

  1. Bintarto

Lingkungan hidup merupakan suatu kondisi dimana semua hal yang berada dekat dengan lingkungan kita, baik itu berupa benda dengan segala kondisi akan mempengaruhi kehidupan kita.

Adanya suatu dampak atau pengaruh yang muncul dari sebuah benda di lingkungan kepada diri kita karena benda tersebut terletak di sekitar ruang yang sedang kita tempati.

  1. Kamus Ekologi

Lingkungan hidup adalah suatu hal yang mengacu pada seluruh keadaan yang saling berkaitan antara makhluk hidup dan non-hidup dalam suatu lingkungan daerah tertentu, contohnya ialah bumi.

  1. UU Nomor 32 Tahun 2009

Lingkungan hidup merupakan satu kesatuan antara suatu ruang benda terhadap beberapa hal seperti sumber daya, keadaan, semua makhluk hidup dan perilakunya.

Dengan suatu interaksi dan pengaruh alam secara individual tersebut, makhluk hidup dan semua benda yang berada di sekitarnya akan mudah melakukan kelangsungan dan kesejahteraan hidupnya.

  1. Soedjono

Lingkungan hidup dapat diartikan sebagai suatu lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat dalam suatu alam kehidupan. Menurut definisinya, lingkungan hidup merupakan suatu lingkungan yang menyangkut tiga unsur penting yaitu manusia, hewan dan tumbuhan.

Dalam pengertian Seodjono ini, dijelaskan bahwa manusia, hewan, dan tumbuhan dianggap sebagai suatu perwujudan suatu fisik jasmani dari sebuah alam.

  1. Munadjat Danusaputro

Lingkungan hidup merupakan suatu hubungan yang terjalin antara seluruh benda, daya, dan kondisinya yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan hal yang ada di sekitarnya. Yang termasuk dalam suatu hubungan ini ialah manusia dan tingkah lakunya.

Antara suatu benda dan manusia yang hidup berdampingan akan menjalin sebuah interaksi, hal inilah yang dimaksud dengan interaksi lingkungan hidup. Dalam sebuah lingkungan hidup ada dua hal yang mendasarinya yaitu lingkungan budaya dan lingkungan fisik.

  1. Otto Soemarwoto

Dalam definisinya, lingkungan hidup merupakan suatu kondisi dimana semua benda yang berada dalam ruangan tersebut akan mempengaruhi kelangsungan kehidupan manusia.

Menurut teorinya, hubungan antara benda dan hal yang ada di sekelilingnya tidak memiliki batasan tentang jumlah. Yang membatasi sebuah hubungan interaksi tersebut ialah kebutuhan yang dapat ditentukan.

  1. Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup ialah sebuah aspek dari suatu kondisi eksternal biologis dari suatu benda. Hal tersebut dapat dicontohkan sebagai suatu organisme yang hidup dengan ilmu lingkungan yang menjadi studi dari aspek lingkungan organisme tersebut.

 

Sesuai dengan pengertian di atas, sebuah lingkungan hidup dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana adanya suatu kesatuan dan interaksi antara benda, daya keadaan, dan makhluk hidup yang tinggal bersamaan dalam suatu ruang. Semua benda dan sumber tersebut saling memiliki ketergantungan dalam kelangsungan hidupnya.

 

Masalah Lingkungan Hidup

  1. Permasalahan global

Terjadinya suatu permasalahan global ini disebabkan karena adanya suatu peningkatan suhu pada lautan yang mengakibatkan suatu perubahan pola alami dari musim di bumi.

  1. Pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan ini dapat terjadi pada berbagai aspek, salah satunya ialah udara. Pencemaran ini sangat berpengaruh besar terhadap lingkungan hidup.

  1. Penipisan sumber daya alam

Terjadinya suatu penipisan sumber data alam ini dapat menyebabkan konflik pada suatu kawasan.

  1. Rekayasa genetika

Rekayasa yang dilakukan pada sebuah makanan akan menyebabkan timbulnya suatu racun dan penyakit.

 

Masalah yang terjadi di atas merupakan masalah yang disebabkan akibat ketidakpedulian manusia terhadap lingkungannya.

Oleh sebab itu, untuk memperbaiki semuanya perlu adanya suatu tindakan dalam mengurangi perilaku tidak baik yang dapat menyebabkan rusaknya suatu lingkungan hidup.

 

Manfaat Lingkungan Hidup

Terbentuknya suatu lingkungan hidup yang memiliki kualitas baik merupakan suatu hal yang sangat mempengaruhi kelangsungan kehidupan manusia. Dengan terciptanya suatu lingkungan yang sehat, aman, dan sejahtera akan membuat kualitas hidup manusia semakin lebih baik.

Suatu kualitas baik yang terbentuk dalam sebuah lingkungan hidup dipengaruhi oleh unsur-unsur penting, yang mana ialah unsur fisik dan unsur hayati. Kedua unsur ini akan mendukung penuh kelangsungan hidup dari berbagai macam spesies.

Dalam suatu lingkungan hidup, ada suatu batasan yang perlu dimengerti yaitu batasan dalam segi kualitas dan kuantitasnya. Hal ini dapat diartikan sebagai bilamana terjadi penurunan pada kualitas dan kuantitasnya, maka kelangsungan hidup manusia dan benda di sekitarnya pun akan menurun. Jika masalah penurunan itu terjadi, maka sulit untuk mengembalikan fungsinya lagi.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari suatu lingkungan hidup (alam) terhadap manusia, antara lain:

  1. Lingkungan hidup (alam) berfungsi sebagai sumber penyedia sumber makan, oksigen, tempat hiburan, pendidikan, dan obat-obatan.
  2. Lingkungan hidup (alam) pun berfungsi sebagai penyedia sumber kesehatan dan pengetahuan.
  3. Selain itu, ada pula lingkungan hidup dari satwa dan tumbuhan yang berperan penting dalam menjaga lingkungannya dan melindungi diri dari hal yang membahayakan dirinya sendiri.

Untuk menjaga semua manfaat tersebut tetap dapat menjalankan fungsinya, maka kita harus tetap menjaga kualitas lingkungan tersebut.

Untuk dapat menjaga dan mempertahankan suatu kualitas lingkungan hidup, maka perlu adanya suatu tindakan tentang upaya pelestarian lingkungan hidup.

 

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang manusia untuk tetap selalu menjaga lingkungannya. Hal ini dilakukan untuk dapat menjaga kelestarian dari suatu lingkungan hidup.

Alasan mengapa manusia perlu menjaga suatu lingkungan hidup itu karena sumber daya yang dibutuhkan oleh manusia berada dalam suatu lingkungan hidup. Sumber ini digunakan sebagai pendukung berkembangnya manusia dengan lingkungan. Oleh sebab itu, untuk tetap dapat menikmati fungsinya maka sudah sepatutnya setiap manusia harus menjaga lingkungan di sekitarnya.

Berikut ini ada beberapa contoh upaya pelestarian yang dapat Anda lakukan untuk menjaga lingkungan hidup sekitar Anda tetap aman dan ramah lingkungan.

  1. Mengumpulkan sampah organik

Semua sampah yang ada di sekitar lingkungan Anda dapat dikumpulkan menjadi satu untuk diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat yaitu pupuk kompos.

  1. Mengurangi penggunaan kantong plastik

Plastik merupakan suatu benda yang sangat sulit untuk didaur secara baik. Oleh sebab itu, untuk mengurangi penggunaanya, Anda dapat memulainya dengan lebih memilih menggunakan tas khusus atau tas kain saat ingin berbelanja sesuatu.

  1. Mengurangi frekuensi perjalanan

Seperti yang kita tahu bahwa bahan bakar minyak (BBM) merupakan suatu sumber daya alam yang berasal dari hasil alam yaitu fosil yang sudah terdaur dalam tanah. Jika bahan bakar ini digunakan terus-menerus akan menghasilkan suatu pencemaran udara.

Anda tidak ingin mengalami masalah karena pencemaran udara bukan?

Jadi, untuk mengantisipasinya, Anda harus mulai mengurangi penggunaan bahan bakar tersebut. Selain menjaga keamanan lingkungan, Anda pun akan lebih berhemat.

  1. Membentuk suatu kawasan konservasi

Apa manfaat dari pembentukan kawasan konservasi ini? Jadi pembentukan suatu kawasan konservasi ini dilakukan dengan membangun suatu taman nasional. Swaka margasatwa, yang mana akan menjaga kelangsungan hidup flora dan fauna tetap aman dalam lingkungannya

 

Untuk mendapatkan suatu interaksi dan hubungan yang baik dengan alam sekitar dan benda sekitar, maka perlu pula adanya suatu pembentukan suatu upaya baik terhadap lingkungan hidup.

Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa komponen yang ada dalam suatu lingkungan hidup.

 

Komponen Lingkungan Hidup

Berikut ini ada beberapa komponen atau unsur dalam sebuah lingkungan hidup, antara lain:

  1. Komponen biotik dan hayati

Komponen ini merupakan sebuah kelompok makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan.

  1. Komponen lingkungan abiotik

Komponen ini merupakan sebuah komponen yang terdiri dari benda-benda tak hidup seperti tanah, iklim, udara, air dan lainnya.

  1. Komponen  sosial budaya

Komponen ini merupakan komponen dari suatu lingkungan sosial yang terdiri dari suatu gagasan, nilai, dan keyakinan manusia sebagai makhluk sosial.

 

Contoh Soal Latihan Ujian Lingkungan Hidup

Di bawah ini ada contoh soal tentang lingkungan hidup manusia dan alam atau ruang lingkup sekitarnya.

  1. Mengapa manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki peran penting dalam menciptakan suatu kelestarian lingkungan hidup?

Jawab: Hal itu karena dalam suatu kelestarian lingkungan hidup, perilaku manusia dalam memanfaatkan lingkungan hidup tersebut saling berpengaruh terhadap lingkungan itu sendiri.

  1. Apakah yang menyebabkan terjadinya suatu ketidakseimbangan pada lingkungan hidup manusia?

Jawab: Hal itu dapat disebabkan karena adanya suatu komponen dalam suatu lingkungan hidup yang mengalami kerusakan.

  1. Dalam suatu permasalahan, pemerintah dengan sengaja memindahkan kawasan industri dengan kawasan pemukiman dalam prinsip pembangunan berkelanjutan. Apa sebenarnya tujuan dari tindakan pemerintah tersebut?

Jawab: Tujuan dilakukan tindakan tersebut agar pemukiman terhindar dari suatu pencemaran lingkungan.

 

Jadi itulah penjelasan lengkap tentang definisi lingkungan hidup dan apa saja yang dapat mempengaruhi suatu lingkungan hidup tersebut menjadi semakin baik atau buruk.

Perlu Anda ingat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kita, maka sudah seharusnya kita jaga dan pelihara lingkungan sebaik mungkin.

Sumber:

loading...

Leave a Reply