Kebugaran Jasmani – Pengertian, Komponen, Manfaat, dan Tes

Seperti yang diketahui oleh kebanyakan orang bahwa kebugaran jasmani merupakan suatu kegiatan untuk menyehatkan badan manusia.

Olahraga seperti sepak bola, bola basket, dan bola voli sangatlah baik untuk kesehatan karena dapat memberikan kebugaran jasmani.

Namun, sudahkah Anda paham tentang arti dari kebugaran jasmani yang sesungguhnya? Agar Anda tidak bingung tentang apa itu kebugaran jasmani, berikut kami punya info menarik seputar kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Apakah itu kebugaran jasmani? Secara umum, kebugaran jasmani memiliki istilah physical fitness. Istilah tersebut memiliki arti sebagai suatu kemampuan fisik dari seseorang untuk melakukan kegiatan tanpa harus merasakan kecapekan dan kelelahan.

Kebugaran jasmani ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh manusia mampu untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Jasmani seseorang yang bugar, maka itu artinya manusia tersebut memiliki energi yang sangat cukup untuk melakukan kegiatan inti dan tambahan di kehidupan sehari-hari.

Jadi dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani merupakan suatu kondisi tubuh yang mana sangat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan baik dan efektif.

Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali pengertian dari kebugaran jasmani ini. Arti yang berbeda ini datang dari beberapa ahli handal yang berbeda-beda pula. Berikut ini ialah beberapa pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli.

  1. Menurut Profesor Rusli Lutan, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Unsur tersebut ialah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.
  2. Menurut Muhajir, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan fisik dari seseorang dalam melakukan adaptasi terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa merasakan rasa capek dan lelah.
  3. Menurut Profesor Djoko Pekik Irianto, kebugaran jasmani merupakan kemampuan dari manusia dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan.
  4. Menurut Agus Mukholid, kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan sekitar saat melakukan kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan tersebut pun tidak akan menimbulkan rasa lelah dan capek.

Itulah pengertian dari kebugaran yang sangat jelas. Adapun beberapa pengertian dari para ahli yang pasti akan membuat Anda semakin paham akan pengertian kebugaran jasmani. Dengan arti-arti kebugaran jasmani di atas, Anda pun sudah pasti tahu bahwa kemampuan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari tanpa lelah disebut kebugaran jasmani. Berikutnya, kita akan mengungkap beberapa komponen yang ada dalam sebuah kebugaran jasmani.

Seperti yang Anda tahu bahwa dalam sebuah kebugaran jasmani, pastilah ada yang disebut dengan komponen. Komponen inilah yang merupakan suatu bagian terpenting dari sebuah kebugaran jasmani. Lalu, apa saja komponen-komponen penting tersebut? Berikut ialah komponen kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui!

 

Komponen Kebugaran Jasmani

Ada 10 komponen dalam sebuah kebugaran jasmani yang perlu dipahami, sebagai berikut:

  1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan dapat diartikan sebagai suatu kemampuan fisik dari seseorang dalam penggunaan otot saat melakukan berbagai macam aktivitas yang membawa suatu beban. Jika Anda ingin mendapatkan massa otot yang kuat, maka lakukanlah olahraga khusus secara rutin. Contoh olahraga yang bisa Anda lakukan ialah melakukan olahraga angkat beban berat. Baiklah, berikut ini ada beberapa olahraga fisik untuk pembentukan otot kuat:

  • Sit-up: olahraga ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan dari otot bagian perut.
  • Push up: olahraga ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan dari otot bagian lengan.
  • Squat-jump: suatu olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot dari bagian tungkai dan perut.

Dengan melakukan olahraga fisik tersebut, Anda bisa mendapatkan kekuatan otot yang maksimal kembali.

  1. Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot dalam kebugaran jasmani dapat di artikan sebagai kemampuan daya otot manusia dalam memanfaatkan tenaga yang ia miliki dalam waktu yang sangat singkat. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seseorang pasti harus memiliki daya otot yang cukup kuat.

Berikut ini ada beberapa latihan untuk melatih kekuatan dari daya otot manusia yang sangat mudah dilakukan:

  • Side-jump: olahraga ini berfungsi untuk meningkatkan daya ledak otot bagian tungkai dan paha.
  • Vertical-jumpP: olahraga ini berfungsi untuk memberikan daya otot yang tinggi untuk otot bagian tungkai.
  • Front-jump: olahraga ini berfungsi untuk melatih kemampuan dari otot betis san tungkai.
  1. Daya Tahan

Daya tahan seseorang dapat diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan suatu kegiatan yang berpengaruh pada organ-organ tubuh inti. Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari sangat membutuhkan peran dari paru-paru, jantung, dan masih banyak lainnya.

Penasaran tentang bagaimana mendapatkan daya tahan yang kuat walaupun melakukan kegiatan sehari-hari? Caranya gampang sekali yaitu dengan melakukan olahraga dengan baik. Contoh olahraga yang bisa Anda pilih ialah lari kecil, lari sedang, dan jogging yang dilakukan 30 menit dalam seharinya.

  1. Kecepatan (Speed)

Kecepatan ini sering diartikan sebagai suatu kemampuan seseorang dalam melakukan tugasnya dengan benar dan baik. Dengan melatih kecepatan lari Anda, maka Anda bisa melakukan kegiatan dengan cepat dan efisien.

  1. Kelincahan (Agility)

Kelincahan merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di sebuah kebugaran jasmani. Komponen inilah yang menjadi suatu kemampuan bagi manusia dalam penyesuaian diri.

Ada beberapa contoh dari olahraga berbentuk latihan yang dapat membantu kelincahan dari seseorang. Olahraga yang dikehendaki antara lain: naik turun anak tangga dan zig-zag.

  1. Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan tubuh dari seseorang sangat dibutuhkan karena dengan komponen ini Anda padat beradaptasi dengan lingkungan secara baik. Anda beberapa kegiatan untuk melenturkan tubuh manusia, antara lain renang, senam, dan yoga.

  1. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan satu-satunya komponen yang berfungsi sebagai kemampuan yang digunakan untuk mengatur organ dan saraf otot manusia. Dengan keseimbangan ini, manusia akan dengan mudah mengontrol tubuh mereka dengan baik.

Jenis olahraga yang bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan ini ialah loncat indah dan senam. Adapun latihan lain seperti melakukan sikap lilin dan berjalan di atas balok.

  1. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam melakukan berbagai macam gerakan dalam suatu kegiatan sesuai kebutuhan. Komponen yang satu ini sangat memerlukan adanya suatu kemampuan gerak insting yang kuat dan fokus tinggi.

  1. Keakuratan (Accuracy)

Keakuratan merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam mengatur suatu kegiatan sesuai dengan kebutuhan. Keakuratan ini dilakukan untuk melatih kecermatan dan ketepatan dalam melakukan suatu aktivitas.

Contohnya saat melakukan olahraga bowling, yang mana latihan ini mengharuskan Anda untuk fokus dan mencari titik ketepatan bagus.

  1. Reaksi (Reaction)

Komponen reaksi merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam memberikan reaksi terhadap diri sendiri dan orang lain. Reaksi ini berasal dari sebuah rangsangan dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Contohnya ialah dalam reaksi melakukan lemparan dan tangkapan bola.

Jadi itu beberapa komponen penting dari kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui. Ada 10 komponen penting di atas yang saling bersangkutan dan mendukung satu sama lain. Dengan adanya komponen-komponen di atas, maka seseorang dapat melakukan sebuah latihan kebugaran jasmani melalui berbagai jenis olahraga.

 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Selain komponennya, kami pun punya info menarik tentang manfaat dari kebugaran jasmani yang masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Mungkin Anda pun sering bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat dari sebuah latihan kebugaran jasmani? Berikut ialah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapat dari kebugaran jasmani!

  1. Terhindar dari penyakit jantung

Resiko penyakit jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Dari muda hingga tua, semuanya dapat berpotensi terkena resiko penyakit jantung akibat keadaan fisik yang tidak stabil. Dengan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka dijamin Anda pasti terhindar dari sebuah penyakit jantung. Manfaat utama dari kebugaran jasmani ini sendiri ialah membantu melancarkan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani, otot-otot yang ada pada tubuh manusia akan berkontraksi dengan cepat. Kondisi inilah yang akan melatih kinerja otot jantung yang lebih baik lagi. Janganlah menunggu hingga terkena penyakit, baru mulai untuk berlatih! Mulailah kegiatan kebugaran jasmani sejak dini agar terhindar dari penyakit jantung.

  1. Terhindar dari penyakit hipertensi

Hipertensi merupakan suatu penyakit di mana seseorang memiliki tekanan darah yang sangat tinggi. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab terbesar dari terjadinya suatu penyakit mengerikan “stroke”. Jadi, usahakan untuk melakukan kegiatan kebugaran jasmani untuk dapat terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan lemak jahat (kolesterol jahat)

Konsumsi makanan yang berminyak membuat seseorang memiliki banyak kandungan lemak jenuh di dalam tubuhnya. Hal ini dapat menyebabkan Anda akan terkena penyakit kelebihan kolesterol.

Jika hal ini dapat terjadi terus menerus, Anda bisa mengalami kelumpuhan. Lakukanlah kebugaran jasmani seperti lari pagi atau jogging. Hal ini dilakukan agar lemak jahat yang ada pada tubuh Anda akan berkurang.

  1. Terhindar dari resiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mengerikan penyebab kematian terbesar di beberapa negara. Untuk dapat terhindar dari penyakit ini, maka lakukanlah kebugaran jasmani sebagai langkah yang jitu.

Setiap manusia memiliki potensi dapat terkena kanker. Untuk saat ini 30% manusia berpotensi dapat terkena kanker mengerikan seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker tulang belakang.

  1. Meningkatkan mood

Mood yang baik bisa Anda dapatkan dengan kegiatan kebugaran jasmani ringan. Dengan mood yang baik, maka berbagai macam kegiatan dalam sehari-hari dapat Anda selesaikan.

  1. Meningkatkan daya energi

Untuk meningkatkan daya otot dan daya energi, setiap orang dapat melakukannya dengan cara olahraga kebugaran jasmani. Untuk mendapatkan nutrisi dan pasokan oksigen, maka latihan kebugaran jasmani ini memang haruslah dilakukan secara rutin. Hal ini karena, jika tubuh manusia memiliki lebih banyak energi, maka ia pun akan lebih semangat dan kuat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Meningkatkan gairah seksual

Latihan dalam kebugaran jasmani ini sangat bermanfaat dan memberikan efek bagus bagi tubuh manusia. Dengan kondisi fisik yang prima dan bugar setelah latihan, akan meningkatkan gairah seksual pada diri seseorang. Jadi fisik sehat sangat menentukan tingkat gairah seksual seseorang.

  1. Terhindar dari penyakit kerapuhan tulang (osteoporosis)

Penyakit tulang keropos, sekarang ini dapat terjadi pada siapa saja. Untuk menghindarinya, Anda harus sudah mulai melakukan latihan kebugaran jasmani agar tulang Anda tetap sehat dan kuat.

Itulah beberapa manfaat dari latihan kebugaran jasmani bagi tubuh manusia. Banyak sekali efek positif yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan tersebut. Baiklah, berikutnya kami akan membagi info unik tentang contoh tes kebugaran jasmani.

 

Contoh Tes Kebugaran Jasmani

Tahukah Anda bahwa ada 5 contoh latihan kebugaran jasmani yang perlu diketahui. Berikut beberapa cara latihan tersebut.

  1. Tes Sit-Up, tes ini dilakukan untuk mengetes daya tahan tubuh dan daya tahan ototnya. Tes yang ini hampir dapat dilakukan oleh beberapa orang. Latihan yang sederhana tersebut menjadikan tubuh Anda menjadi sehat dan bugar kembali.
  2. Tes Push-Up, tes ini sengaja dilakukan untuk mengetes kekuatan dan daya tahan dari otot bahu dan lengan.
  3. Tes Lari Bolak Balik, tes ini berfungsi untuk mengukur kelincahan dari diri Anda, saat melakukan latihan kebugaran jasmani.
  4. Tes Lompat Jauh Tampa Awalan

Latihan kebugaran lompat jauh dapat dilakukan sebagai alat pengukur untuk daya tahan ledak atau sering disebut dengan istilah (explosive power).

  1. Tes Lari Jarak Jauh, latihan kebugaran ini dilakukan untuk mengetes daya tahan dari paru-paru dan jantung manusia. Latihan ini dapat dilakukan dengan berlari kurang lebih sejauh 1 km.

Demikianlah beberapa contoh latihan utama dalam suatu kebugaran jasmani. Setelah Anda mengetahui manfaatnya, maka kini berikutnya mari kita bahasa tentang bentuk latihan kebugaran jasmani.

 

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Dalam sebuah pengertian tes latihan dan bentuk latihan kebugaran jasmani memang sangat membingungkan. Untuk itu, di sinilah Anda akan mendapatkan jawaban dari kebingungan Anda. Berikut ini beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang mencakup 10 komponen kebugaran jasmani.

  1. Kekuatan

Kekuatan ini merupakan faktor yang paling utama dari berjalannya suatu latihan kebugaran jasmani. Kekuatan ini akan membantu tubuh manusia menghasilkan suatu massa otot yang besar. Dengan otot yang kuat maka Anda akan terminimalisir dari suatu cedera olahraga ringan. Contoh latihan yang bisa Anda lakukan untuk pembentukan kekuatan otot ialah push-up, sit-up, dan back-up.

  1. Keseimbangan

Latihan keseimbangan untuk kebugaran jasmani pun sangat penting. Dengan latihan ini, maka orang lain akan dengan sangat mudah melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari tanpa suatu kendala apapun.

  1. Daya tahan

Latihan mengatur daya tahan tubuh dalam kebugaran jasmani sangat memberikan energi positif. Dengan sering melakukan latihan ini, Anda akan sangat mudah dan kuat untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

  1. Kelenturan

Untuk menjadikan tubuh lebih flexible, maka latihan kebugaran jasmani khususnya untuk latihan kelenturan harus memang perlu dilakukan.

  1. Kelincahan

Dengan memiliki kelincahan yang tidak terbatas, maka Anda akan dengan sangat leluasa melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan latihan ini pula, tubuh akan sangat mudah merespon rangsangan dari diri sendiri dan orang lain. Contoh bentuk latihan kebugaran jasmani yang sering dilakukan orang-orang, antara lain: zig-zag, lari halang rintang, lari bolak-balik, dan lain-lainnya.

Jadi itulah beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia untuk merespon sesuatu. Dengan latihan di atas, setiap orang bahkan Anda sendiri pun akan lebih ringan saat melakukan kegiatan setiap harinya.

 

Demikian pembahasan menarik seputar kebugaran jasmani, mulai dari arti, manfaat, bentuk latihan dan komponen-komponennya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda akan lebih semangat lagi untuk melakukan kegiatan kebugaran jasmani yang sangat positif ini.

Sumber:

loading...

Leave a Reply