IPS

Pengertian Dasar Negara – Rumusan, Manfaat, Fungsi

Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia, Pancasila digunakan sebagai dasar negara Indonesia yang memiliki lima dasar kepribadian dari bangsa Indonesia. Munculnya suatu dasar negara ini karena adanya suatu kondisi kebangsaan, kemasyarakatan, kebudayaan, dan keagamaan yang universal. Hal inilah yang menjadikan suatu dasar negara terlahir di Negara Indonesia.

Pancasila digunakan sebagai dasar negara karena bangsa Indonesia mempercayai bahwa lima dasar Pancasila dapat menjadi pedoman untuk menuntun bangsa Indonesia mencapai cita-citanya. Agar tercapainya suatu masyarakat yang adil dan makmur, sebuah dasar negara sangat dibutuhkan oleh sebuah negara, terutama Indonesia.

Inilah pengertian selengkapnya tentang dasar negara di Negara Indonesia dan pandangan bangsa Indonesia terhadap sebuah dasar negara.

Pengertian Dasar Negara

Dasar negara ialah sebuah dasar atau landasan negara yang berasal dari bahasa Belanda yaitu Philosophische Grondslag. Istilah ini memiliki arti lag (norma), grands (dasar), dan philosophische (filsafat). Selain itu, dari bahasa Jerman sebuah dasar negara dapat diartikan sebagai Weltanschauung, yang mana anshcauung ialah (pandangan mendasar) dan welt bermakna (dunia).

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa suatu dasar negara digunakan sebagai pedoman untuk mengontrol kehidupan penyelenggaraan negara, mulai dari berbagai macam sektor kehidupan.

Selain itu, dasar negara pun dapat didefinisikan sebagai suatu landasan dari sebuah negara dalam menjalankan kehidupan suatu negara. Dapat dikatakan bahwa saat suatu negara tidak memiliki dasar negara, itu berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman atau landasan berbangsa dan bernegara.

Untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang sama di masa yang akan mendatang, Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar negara.

Pancasila yang dijadikan sebagai dasar negara ini merupakan sebuah ideologi negara Indonesia yang dijadikan sebagai pandangan ataupun metode bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa cita-cita yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia ialah masyarakat yang dapat menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil dan makmur.

Selain penjelasan tentang dasar negara di atas, ada beberapa pengertian dasar dari para ahli yang perlu Anda ketahui seperti:

  1. George Jellinek berpendapat bahwa dasar negara merupakan sebuah organisasi dari suatu anggota atau kelompok yang memiliki kekuasaan di sebuah wilayah tertentu.
  2. K. C. Wheare mengatakan bahwa dasar negara merupakan sebuah sistem pemerintahan negara yang mengatur berjalannya suatu negara.
  3. Menurut Prof. Mr. Soenarko dasar negara ialah sebuah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat di suatu daerah tertentu yang memiliki kekuasaan penuh pada sebuah kedaulatan.
  4. Menurut Logemann, dasar negara ialah suatu organisasi kelompok yang memiliki suatu kekuasaan untuk menyatukan kelompok manusia yang terpecah belah.
  5. R.Djokoseotono berpendapat bahwa dasar negara ialah suatu organisasi yang terdiri atas beberapa orang atau kelompok manusia yang ada dalam suatu sistem pemerintahan yang sama.
  6. Aristoteles mengatakan bahwa dasar negara ialah suatu pedoman antara suatu kelompok dari beberapa desa yang nantinya akan bersama-sama membentuk suatu rencana untuk tujuan yang sama yaitu kesenangan dan kehormatan.
  7. Roger F. Soltau berpendapat bahwa suatu dasar negara merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengambil alih segala persoalan yang bersangkutan dengan rakyat.

 

Rumusan Dasar Negara

Rumusan dasar negara merupakan sebuah elemen yang penting yang menjadi dasar terbentuknya suatu negara. Rumusan dasar negara dijadikan sebagai pegangan atau sumber utama yang menjelaskan tentang hukum dan tata tertib yang berlaku pada negara tersebut.

Inilah beberapa rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh beberapa tokoh penting, antara lain:

1. Mr. Moh. Yamin

Secara lisan

  • Peri Kebangsaan
  • Peri Kemanusiaan
  • Peri Ketuhanan
  • Peri Kerakyatan
  • Kesejahteraan Rakyat

Secara tulisan

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kebangsaan persatuan Indonesia
  • Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

2. Prof. Dr. Mr Soepomo

  • Persatuan
  • Kekeluargaan
  • Mufakat dan demokrasi
  • Musyawarah
  • Keadilan Sosial

3. Ir. Soekarno

  • Kebangsaan Indonesia
  • Internationalisme atau Peri Kemanusiaan
  • Mufakat dan Demokrasi
  • Kesejahteraan Sosial
  • Ketuhanan YME

4. Rumusan Piagam Jakarta atau Jakarta Charter

  • Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi para pemeluknya
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Manfaat Dasar Negara

Adapun manfaat dari sebuah dasar negara secara umum yang sudah sepatutnya Anda pahami, sebagai berikut:

  1. Manfaat sebuah dasar negara ialah sebagai pedoman dan pandangan hidup dari masyarakat yang tinggal atau menetap dalam sebuah negara. Dengan menjalani hidup yang berpedoman pada suatu dasar negara akan membuat kehidupan mereka jauh lebih baik, tertata, dan terarah. Banyak norma-norma yang akan menjadi panduan bagi setiap bangsa sehingga membuat kehidupan menjadi lebih teratur.
  2. Dasar negara bermanfaat untuk memberikan suatu gambaran tentang tujuan hidup bagi bangsa Indonesia yang lebih jelas dan baik.
  3. Dasar negara yang digunakan sebagai landasan negara memiliki manfaat sebagai acuan bagi bangsa Indonesia untuk dapat menganut dan memeluk kepercayaan yang ia yakini pada negara yang ditinggali.
  4. Dengan adanya suatu dasar negara, sebuah kepribadian dan jiwa dari bangsa tersebut akan terbentuk dengan sendirinya.
  5. Dasar negara pun akan menuntun setiap bangsa negara untuk mendapatkan tujuan dan arah ataupun cita-cita yang baik dan maksimal. Hal ini dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa dari negara itu sendiri.

 

Fungsi Dasar Negara

  1. Dasar negara digunakan sebagai dasar berdirinya suatu kedaulatan negara. Suatu pemikiran mendalam tentang suatu dasar negara akan muncul saat negara itu akan didirikan. Untuk menjadi sebuah negara yang ideal, maka suatu negara harus memiliki unsur konstitutif dan deklaratif.
  2. Sebagai dasar atau landasan untuk pemersatu bangsa. Dasar negara berfungsi sebagai suatu landasan untuk menyatukan kembali keanekaragaman masyarakat yang tinggal dari negara tersebut. Hal ini dipertimbangkan dengan keragaman budaya dan latar belakang dari setiap masyarakat yang berada di negara tersebut.
  3. Dasar negara digunakan sebagai dasar dan sumber hukum nasional. Hal ini dapat diartikan bahwa semua tindakan warga negara dan penyelenggara negara pada suatu negara harus berdasarkan pada hukum yang berlaku saat itu di negara tersebut.
  4. Dasar negara berfungsi sebagai suatu dasar sikap dan tingkah laku berbangsa. Suatu landasan negara sangatlah memiliki pengaruh besar terhadap sikap atau perilaku politik warga negaranya.
  5. Dasar negara berfungsi sebagai landasan aktivitas penyelenggara negara. Untuk dapat mewujudkan cita-cita negara yang terwujud, maka perlu adanya suatu penyelenggaraan negara yang berlandaskan pada dasar negara.
  6. Dasar negara berfungsi untuk partisipasi warga negara. Hal ini dapat diartikan bahwa setiap warga negara memilki hak dan kewajiban yang sama dalam mencapai tujuan bangsa bersama.
  7. Dasar negara berfungsi sebagai dasar untuk pergaulan antarwarga negara. Dengan demikian maka dasar negara akan menciptakan sebuah hubungan antara negara dengan warga negaranya sendiri secara adil dan makmur.

 

Dari penjelasan inilah Anda dapat belajar tentang makna dan pengertian tentang dasar negara. Selain itu, Anda pun akan tahu bagaimana dasar negara dirumuskan serta manfaat dan fungsi dari sebuah dasar negara untuk rakyat maupun pada suatu negara.

Sumber:

loading...

Leave a Reply