Permainan Bola Voli – Sejarah, Teknik, Pengertian, Peraturan, Posisi

Permainan bola voli merupakan salah satu jenis dari cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan dengan menggunakan bola sebagai alat utamanya. Pada dasarnya permainan ini memiliki dua jenis, yaitu jenis umum dan jenis pantai.

Pada jenis umum, permainan bola voli diperankan oleh anggota yang berjumlah 12 orang yang terbagi menjadi 2 tim, jadi masing-masing tim ada 6 orang. Sementara permainan bola voli pantai jumlah anggota hanya 4 orang dan tiap-tiap tim terdiri dari 2 orang.

Bola voli juga merupakan olahraga yang sangat menyehatkan karena dapat memberikan Anda kebugaran jasmani.

Pengertian Bola Voli

Pengertian bola voli sebenarnya sangat singkat. Seperti yang telah diuraikan di bagian pendahuluan di atas bahwa permainan ini merupakan salah satu cabang olah raga bola yang terdiri dari dua grup. Masing-masing grup harus beradu ketangkasan untuk memantulkan bola di atas net melalui tangan, yang dalam hal ini disebut juga dengan mem-volly.

Tujuan dari gerakan memantulkan bola tersebut adalah untuk menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan lawan. Tim yang lebih banyak sukses menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan lawan, tim itulah yang menang.

Berikut ini ukuran standar, tiang dan net untuk permainan bola voli:

  1. Ukuran standar lapangan permainan bola voli
  • Panjang lapangan 18 meter
  • Lebar lapangan 9 meter
  • Area servis 3 meter
  • Lebar garis serang 3 meter
  • Lebar garis tengah 5 cm
  1. Ukuran tiang dan net
  • Tinggi tiang net untuk perempuan 2.55 meter
  • Tinggi tiang net untuk laki-laki 2.43 meter
  • Tinggi antenna 80 cm
  • Net dengan bentuk kotak-kotak berukuran 10 cm persegi
  • Jarak antara tiang net dengan pinggir lapangan 0.6 meter
  • Ukuran pita bagian tepi atas dan pita samping net 5 cm

Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olah raga yang menggunakan bola sebagai alat utamanya. Adapun standar bola voli adalah sebagai berikut:

  1. Bentuk bola voli harus bulat dengan kombinasi warna
  2. Diameter bola voli 65-67 cm dan massa 260-280 gram
  3. Tekanan udara 294.3-318.82 mbar/hPa
  4. Bahan bola untuk permainan voli harus terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis

 

Sejarah Bola Voli Dunia

Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olah raga dunia. Sejarah bola voli dunia berawal dari YMCA (Young Men’s Cristian Association), yaitu sebuah organisasi kepemudaan yang terinspirasi dari ajaran Yesus tentang bagaimana ajaran-ajaran pokok umat kristiani. Organisasi YMCA ini berdiri pada tanggal 6 Juni tahun 1884 di London, Inggris. Adapun pemrakarsanya adalah George William. YMCA memfasilitasi para pemuda kristiani dengan beberapa fasilitas, seperti penginapan, pendidikan luar sekolah dan olah raga. Salah satunya adalah olahraga voli ini.

Sejak bertemu dengan James Naismith yang merupakan seorang pencipta permainan bola basket (28 November 1861- 28 November 1939) pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika, William G. Morgan terinspirasi untuk menciptakan permainan yang terbilang punya kemiripan dengan permainan bola basket. Permainan tersebut diberi nama Mintonette, yang kini terkenal dengan nama permainan bola voli.

William G. Morgan merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau Director of Physical Education di organisasi tersebut. beliau lahir pada tahun 1870 dan meninggal dunia pada tahun 1942. Uniknya, beliau juga merupakan lulusan dari Springfield Collage of YMCA.

Meskipun permainan bola voli dan bola basket memiliki kemiripan, namun tetap saja ada perbedaan antara keduanya, baik dalam segi pengertian maupun teknis permainan. Selain itu, terdapat fakta menarik dari permainan bola voli, yaitu pada masa awal permainan bola voli diperuntukkan para anggota YMCA yang telah dewasa, bahkan sepuh atau tidak lagi muda (remaja). Permainan bola voli diciptakan berselang 4 tahun setelah permainan bola basket diciptakan oleh James Naismith.

Sejarah permainan bola voli tidak hanya tentang pendiri dan kapan berdirinya, pemberian namanya pun patut diikuti. Berawal dari nama Mintonette, permainan ini berubah menjadi volley ball atau bola voli pada tahun 1896. Perubahan nama ini terjadi saat adanya demonstrasi di International YMCA Training School sesi pertama. Sejak muncul, permainan bola ini mengalami perkembangan yang pesat. Untuk memfasilitasi banyaknya peminat olah raga ini, diadakanlah sebuah kejuaraan bola voli tingkat nasional yang kemudian menyebar dengan cepat menjadi tingkat dunia.

Perubahan nama Mintonette menjadi permainan bola voli berawa saat Dr. Luther Hasley Gulick yang merupakan seorang Director of the professional physical education training center yang juga merupakan seorang executive director of department of physical education of the international committee of YMCA mengundang William G. Morgan untuk mengenalkan permainan olahraga bola baru yang ia ciptakan. Karena mengetahui tujuan kenapa beliau diundang, maka beliau telah sengaja membawa 10 orang yang dibagi dalam 2 tim. Kemudian dalam kesempatan tersebut, sang pencipta permainan bola voli memaparkan secara gamblang mengenai permainan ciptaannya tersebut, seperti:

  • Permainan bola voli dapat dimainkan dengan banyak pemain. Meskipun pada fakta di lapangan saat ini permainan ini dimainkan oleh 2 tim dengan jumlah 12 anggota, tapi sejatinya permainan bola voli tidak memiliki standar jumlah permainan yang membatasinya.
  • Dapat dimainkan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan dengan bebas dan leluasa, asalkan ukuran lapangan memenuhi syarat standar.

Sejak dikenalkannya permainan bola voli di acara tersebut, maka permainan ini menjadi semakin terkenal hingga ke Kanada, Amerika. Selanjutnya pada tahun 1947, didirikanlah IVBF (Federasi Bola Voli Internasional atau International Volley Ball Federation). Organisasi ini menjadi induk dari permainan bola voli kelas internasional dengan jumlah total anggota sebanyak 15 negara dengan menjadikan Paris, Perancis sebagai pusatnya.

Dalam sejarah permainan bola voli mengalami perkembangan dan sempat beberapa kali mengalami sedikit perubahan. Selain dalam nama, perubahan yang terjadi adalah dalam hal aturan permainannya. Pada tahun 1916, dalam permainan bola voli muncul penggunaan teknik baru yang diberi nama spike atau smash. Selanjutnya, pada tahun 1920 (4 tahun kemudian), peraturan permainan bola ini mengalami perubahan, yaitu:

  • Sentuhan harus sebanyak 3 kali
  • Skor akhir menjadi 21 poin setelah sebelumnya hanya 15 poin

Sejak berdirinya organisasi tersebut, setiap 2 tahun sekali diadakan kejuaraan bola voli internasional. Pertandingan bola voli dengan peserta banyak pertama kali diadakan di Polandia, yaitu pada tahun 1949.

 

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan bola voli termasuk salah satu cabang olahraga yang popular, khususnya di usia sekolah. Adapun sejarah permainan bola voli di Indonesia berawal dari masa penjajahan Belanda, yaitu tepatnya pada tahun 1928. Pada masa itu, permainan ini hanya dimainkan oleh orang Belanda dan kalangan bangsawan saja. Bahkan, para guru pendidikan jasmani sengaja didatangkan dari Belanda.

Rupanya sejarah permainan bola voli dan perkembangannya di Indonesia tidak hanya berkat penjajahan Belanda beserta para guru pendidikan jasmani saja, para tentara pun punya andil besar alam mengenalkan atau menyebarkan permainan bola ini. Para tentara tersebut memainkan permainan bola ini di asrama-asrama ataupun di lapangan terbuka.

Bahkan tidak jarang mereka menyelenggarakan pertandingan bola voli yang tentu saja anggotanya hanya kalangan kompeni Belanda saja. Meskipun demikian pribumi bisa menyaksikannya, hingga tak perlu butuh waktu lama permainan ini merebak di Indonesia. Bahkan semakin tenarnya permainan bola voli, semakin banyak bermunculan klub-klub bola voli di kota-kota besar Indonesia.

Untuk memfasilitasi perkembangan permainan ini, maka terbentuklah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan di Jakarta pada saat penyelenggaraan kejuaraan Nasional perdananya. Perkembangan permainan bola voli di Indonesia sangat menonjol, khususnya saat menjelang Asian Games IV yang diselenggarakan pada tahun 1962 dan Ganefo I pada tahun 1963 di Jakarta.

Bahkan pada Oktober 1951, olah raga ini mulai diikutkan dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) II yang diadakan di Jakarta. Tidak hanya di lingkup Indonesia saja, PBVSI juga secara aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan olah raga voli hingga kancah internasional. Kegiatan-kegiatan positif dari PBVSI masih berlanjut hingga hari ini sekaligus menciptakan prestasi-prestasi yang membanggakan dalam setiap kejuaraan olahraga di Indonesia.

 

Teknik Dasar Bola Voli

Permainan bola voli sejatinya merupakan perpaduan dari beberapa jenis cabang olahraga bola, yaitu baseball, handball (bola tangan), basket dan tenis. Namun di dalam permainan ini terdapat 4 jenis teknis dasar, yaitu:

  1. Teknis dasar servis

Dalam setiap permainan tentu diawali dengan gerakan, tak terkecuali permainan bola voli. Awalan atau sajian pertama dalam permainan bola voli disebut dengan servis. Gerakan awal ini sangat penting dalam permainan ini. Oleh karena itu, sebelum bermain bola voli, Anda wajib menguasai teknik dasar servis.

Uniknya, biasanya para pemain banyak yang merasa kesusahan dalam melakukan teknik dasar ini. Namun, jika Anda benar-benar memahami teknik dasar servis ini, permainan bola voli akan terasa lebih mudah. Adapun 4 teknik dasar servis dalam permainan bola voli, yaitu:

  • Servis bawah atau under serve
  • Tennis melayani atau tennis serve
  • Ubah layanan atau change up serve
  • Melayani terapung atau floating serve

Sementara cara bermain bola voli dengan teknik ini, yaitu:

  • Berdiri dengan tangan memegang bola menggunakan satu tangan, kemudian satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang memegang bola tersebut diposisikan dalam keadaan siap untuk memukul.
  • Lambungkan bola voli ke atas harus dengan melewati kepala, kemudian pukul bola voli tersebut dengan cara mengayunkan tangan pemukul ke arah bola voli.
  • Langkah selanjutnya adalah melangkahkan kaki bagian belakang ke depan, kemudian luruskan tangan pemukul dengan mengikuti arah bola.
  1. Teknik mengumpan atau passing

Teknik dasar permainan bola voli yang kedua adalah passing. Teknik ini merupakan gerakan mengumpan bola kepada teman satu tim ataupun mengembalikan bola lawan. Ada dua macam teknik passing, yaitu:

Passing atas

Adapun langkah-langkah cara melakukan passing atas adalah sebagai berikut:

  • Berdiri dengan posisi santai atau rileks
  • Posisikan kedua kaki sejajar
  • Buka kedua kaki selebar bahu
  • Arahkan pandangan pada bola voli
  • Tekuk kedua lutut
  • Tempatkan kedua tangan di depan muka
  • Tekuk pula kedua sikut
  • Buka jari-jari dengan santai
  • Dorong bola dengan menggunakan kedua telapak tangan bebarengan dengan posisi meluruskan kedua tangan yang dibantu dengan meluruskan tungkai.

Passing bawah

Meskipun passing bawah pada dasarnya hampir sama dengan passing atas, tapi tetap saja memiliki perbedaan. Berikut ini langkah-langkah melakukan teknik passing bawah:

  • Berdiri rileks
  • Buka kedua kaki dengan sejajar lebar-lebar
  • Arahkan pandangan kepada bola voli
  • Tekuk kedua lutut
  • Tempatkan kedua tangan di depan badan
  • Ayunkan kedua tangan dari bawah ke atas atau tepatnya ke arah bola. Pada tahap ini dibantu dengan meluruskan kedua tungkai.
  1. Teknik Smash (Memukul Bola Dengan Keras)

Smash merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan cara memukul secara kencang dan keras bola voli. Tujuan dari smash ini adalah untuk mematahkan serangan lawan sekaligus menghasilkan point. Teknik smash sangat penting dan menjadi salah satu teknik yang menantang. Adapun langkah dan caranya adalah sebagai berikut:

  • Lambungkan bola voli sampai melewati kepala
  • Condongkan sedikit badan ke belakang
  • Gerakkan badan ke depan dengan gerakan mengayunkan tangan pemukul dari belakang ke depan atau ke arah bola voli
  • Lakukan gerakan dengan cara melangkahkan kaki bagian belakang ke depan
  • Luruskan tangan pemukul mengikuti arah bola voli.

Itulah cara yang benar melalukan smash. Lakukanlah gerakan smash dengan gerakan melompat ke depan agar mendapatkan pukulan yang maksimal kerasnya.

  1. Teknik dasar block

Teknik block dalam permainan bola voli merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh  pemain dengan tujuan untuk menghadang lawan dengan cara menjulurkan tangannya ke atas net. Ada 2 macam teknik block, yaitu:

  • Block tunggal

Blocking tunggal merupakan teknik permainan bola voli yang dilakukan dengan cara membendung bola lawan yang dilakukan oleh satu pemain.

  • Block ganda

Sedangkan block ganda merupakan upaya membendung bola lawan yang dilakukan oleh lebih dari satu pemain, bisa dua pemain ataupun lebih.

Adapun langkah dan cara melakukan teknik block, yaitu:

  • Tubuh dalam posisi berjongkok
  • Melompat dengan kondisi kedua tangan rapat dan lurus ke atas
  • Saat kaki dalam keadaan telah mendarat, segeralah menyingkir untuk memberikan kesempatan kepada rekan satu tim untuk melakukan blocking.

 

Peraturan Permainan Bola Voli

Di dalam permainan bola voli terdapat 2 macam peraturan, yaitu:

  1. Peraturan perhitungan angka

Perhitungan angka terjadi jika:

  • Pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam area lapangan Anda, itu artinya tim Anda telah kehilangan bola sementara tim lawan mendapatkan nilai atau point.
  • Servis wajib dilakukan dengan cara melewati net dan juga wajib masuk ke daerah lawan. Jika itu tidak terjadi, maka lawan akan mendapatkan nilai atau point.
  1. Peraturan sistem pertandingan

Sistem pertandingan dalam peraturan permainan bola voli menggunakan sistem setengah kompetisi, yaitu terdiri dari 8 tim yang akan dibagi ke dalam 2 kelompok. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 tim.  Setiap tim masih dibagi lagi menjadi 10 pemain, yaitu 10 pemain inti di lapangan dan 4 pemain cadangan.

Pergantian antara pemain inti dan cadangan tidak dibatasi. Meskipun demikian, setiap tim harus bertukar sisi lapangan pada saat babak terakhir. Apabila ditentukan babak penentuan, maka tim yang mendapat nilai terendah diizinkan untuk meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.

Dalam setiap pertandingan berlangsung selama 3 babak atau sering disebut dengan Best of Three. Namun, apabila dalam babak ke dua sudah dipastikan tim mana yang memenangkan pertandingan, maka babak selanjutnya atau babak 3 tidak dilaksanakan. Adapun sistem perhitungan dalam peraturan permainan bola voli adalah:

  • Tersedia 25 rally point
  • Apabila hasil imbang, misalkan 24-24, maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Apabila peserta pertama telah berhasil unggul dengan selisih 2 poin, maka tim peserta pertamalah yang memenangkan pertandingan.
  • Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapatkan poin atau nilai 1.
  • Kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan akan digunakan sebagai penetuan juara pertama dan runner-up apabila terdapat kasus dalam 2 buah tim atau lebih yang mendapatkan poin atau nilai sama.

Dalam permainan bola voli, time out dilakukan hanya sekali dalam tiap babak dengan durasi 1 menit.

 

Posisi Pemain Bola Voli

Permainan bola voli dimainkan oleh beberapa orang yang bergabung dalam 2 tim. Tiap-tiap pemain memiliki nama dan tugas masing-masing. Adapun posisi pemain bola voli adalah sebagai berikut:

  • Defender

Tugas utama seorang defender adalah untuk menerima serangan dari lawan.

  • Spiker (smasher)

Seperti juga namanya, smasher atau spiker memiliki tugas untuk melakukan pukulan smash atau serangan. Seorang smasher wajib menguasai teknik smash dan juga blocking agar menghasilkan poin maksimal dalam permainan ini. posisi smasher terletak di bagian depan, tepatnya pada posisi 2 dan 4.

  • Libero

Dalam permainan bola voli, libero memiliki tugas untuk menerima dan juga menahan serangan dari lawan. Teknik dasar permainan bola voli yang wajib dikuasai oleh libero adalah passing, baik passing bawah maupun passing atas. Meskipun posisi liberto bisa dimana saja dan bebas keluar masuk, namun seorang liberto tidak boleh melakukan smash dan juga blocking.

  • Set-upper atau tosser

Set-upper atau tosser adalah seorang pengatur tim. Tugasnya adalah mengumpan bola ke arah teman dalam satu tim yang mempunyai posisi sebagai spiker. Umpan ini bertujuan agar spiker atau smasher dapat melakukan smash. Posisi tosser selalu berada di depan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang tosser, Anda wajib menguasai teknik smash dan blocking.

 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai permainan bola voli, baik dari cerita sejarah, perjalanan, perkembangan, teknik dasar, peraturan permainan dan juga posisi para pemainnya. Di Indonesia, permainan ini sangat digemari tidak hanya dari kalangan orang dewasa, tapi juga anak-anak, terutama anak yang masih berstatus sekolah.

Sumber:

loading...

Leave a Reply