PKn

Pengertian Bela Negara – Contoh Upaya, Tujuan, Pentingnya

Bela Negara merupakan salah satu tindakan untuk memelihara kehidupan bangsa dan negara menjadi lebih bersatu dan sejahtera. Setiap warga negara diharapkan dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. Hal tersebut juga sudah tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Upaya dalam hal pembelaan negara dapat dilakukan dengan berbagai macam hal. Setiap orang dapat melakukannya sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pada hakikatnya, bela negara adalah suatu bentuk kecintaan terhadap negara. Bentuk kecintaan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam hal.

Simak pengertian bela negara menurut pendapat beberapa ahli berikut ini.

Pengertian Bela Negara Menurut Para Ahli

Sebagai warga negara yang baik, bela negara merupakan salah satu hal yang tertanam dalam diri dan hati. Upaya untuk terus menjaga tanah air Indonesia harus datang dari jiwa setiap warganya.

Dengan demikian, Negara Indonesia akan tetap jaya, utuh, dan ancaman yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri pun menjadi lebih mudah untuk diatasi.

  1. Pengertian Bela Negara Menurut Purnomo Yusgiantoro

Purnomo Yusgiantoro  berpendapat bahwa pembelaan terhadap negara dapat tumbuh melalui sebuah pembinaan yang berhubungan dengan kesadaran akan bela negara. Bela negara sendiri mernjadi sebuah perilaku yang dilakukan oleh warga negara yang berhubungan tentang kecintaan terhadap negaranya, dengan melakukan hal-hal yang dapat menjaga kelangsungan bangsanya.

Dengan demikian, perilaku untuk membela negara tidak hanya dilakukan satu kali, melainkan secara terus-menerus. Dengan dilakukan secara terus menerus diharapkan bela negara yang tertanam dalam setiap individu dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih maksimal.

  1. Pengertian Bela Negara Menurut Sunarso

Pendapat mengenai pengertian bela Negara juga telah disampaikan oleh Sunarso, 2008.  Menurut beliau, bela negara memiliki beberapa hal yang sangat esensial untuk dibela. Apa sajakah itu?

Terdapat 4 hal yang harus dibela dalam hal pembelaan negara Indonesia. Pertama adalah kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia. Kedua, Persatuan dan kesatuan Bangsa. Ketiga, keutuhan wilayah Indonesia serta yuridiksi Nasionalnya. Terakhir adalah tentu saja nilai-nila dasar negara Indonesia yaitu Pancasila serta UUD 1945.

Semua hal tersebut harus dijaga dan dibela dengan sebaik-baiknya demi Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, dan terus berjaya.

  1. Pengertian Bela Negara Menurut Sutarman

Sutarman, 2011 berpendapat bahwa pembelaan terhadap negara atau bela negara terdiri dari  macam hal. Hal pertama adalah upaya pembelaan negara yang dapat dilakukan secara fisik. Hal kedua adalah upaya pembelaan negara yang dapat dilakukan secara non fisik. Dengan demikian, setiap warga negara yang fisiknya kurang mampu dapat melakukan upaya bela negara melalui tindakan non fisik.

Tindakan bela negara fisik adalah bela negara dengan cara melakukan perang dan memanggul senjata untuk membela warganya. Sedangkan upaya pembelaan negara secara non fisik dapat dilakukan dengan cara mengabdi sesuai dengan mata pencahariannya masing-masing dan melaksanakan hal-hal yang tercantum dalam Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Dari beberapa pendapat yang telah disampaikan di atas dapat disimpulkan bahwa bela negara merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh setiap warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang dilakukan secara terus menerus baik secara fisik maupun non fisik.

Selanjutnya, apakah tujuan dari bela negara?

 

Tujuan Bela Negara

Dari pengertian bela negara dapat sedikit disimpulkan bahwa bela negara memiliki tujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa atau menjaga tanah air Indonesia dari ancaman luar maupun dalam. Itulah mengapa bela negara harus terus dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia.

Bahkan, upaya pembelaan negara harus ditanamkan sejak dini. Upaya bela negara mulai ditanamkan sejak dini dengan cara menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang telah mulai diajarkan dari bangku sekolah dasar.

Berikut beberapa tujuan dari bela negara:

  1. Menjaga identitas serta integritas bangsa

Identitas dan integritas bangsa Indonesia harus tetap terjaga dengan baik. Hal ini dapat dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia dengan cara mencintai produk dari bangsanya sendiri.

Jangan sampai identitas bangsa Indonesia tidak dijaga oleh warganya dengan baik. Hal itu akan menjadi penyebab timbulnya perpecahan bangsa.

  1. Melestarikan budaya Indonesia

Kalau bukan warga masyarakat Indonesia sendiri yang melestarikan budaya dan warisan bangsa Indonesia, lalu siapa lagi.

Indonesia merupakan negara yang unik dengan suku bangsa yang begitu banyak dengan perbedaan budayanya yang sangat beragam. Hal ini tidak dimiliki oleh bangsa lainnya. Itulah mengapa sebagai warga negara Indonesia yang baik harus selalu melestarikan budaya bangsa seperti tarian tradisional, alat musik tradisional, maupun lagu tradisional agar tidak sampai direbut oleh negara lain.

  1. Melakukan yang terbaik untuk negaranya

Tujuan dari bela negara yang ketiga adalah agar setiap warga bisa melakukan yang terbaik untuk bangsanya.

Banyak hal baik yang bisa dilakukan untuk melestarikan bangsa mulai dari hal-hal sederhana seperti belajar, mematuhi peraturan lalu lintas, serta ikut serta dalam pemilihan umum.

  1. Melakukan Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945

Pancasila dan UUD 1945 menjadi dasar negara Indonesia. Itulah mengapa setiap perilaku yang dilakukan oleh warga negara harus berdasarkan dengan kedua hal tersebut. Dengan melakukan usaha bela negara, berarti warga negara sudah menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

Itulah beberapa tujuan yang akan dicapai dalam usaha pembelaan negara. Tujuan yang sangat mulia tersebut hendaknya harus selalu dilestarikan oleh setiap warga negara Indonesia.

 

Contoh Upaya Bela Negara

Banyak contoh upaya pembelaan negara yang dapat dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia. Tidak harus yang muluk-muluk karena banyak sekali contoh sederhana yang dapat Anda lakukan dalam upaya bela negara. Contoh bela negara dapat dilakukan mulai dari tindakan sehari-hari.

  1. Mencintai produk dalam negeri dengan selalu menggunakan produk dalam negeri
  2. Selalu mengembangkan sikap rukun di dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat, serta saling mengasihi satu sama lain
  3. Mengingatkan sesama anggota keluarga dan masyarakat tentang perilaku yang melanggar hukum
  4. Menjaga nama baik keluarga dan lingkungan masyarakat
  5. Tidak berbuat kejahatan seperti minum-minuman keras atau pun membuat keonaran
  6. Menjaga kebersihan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat
  7. Mentaati peraturan yang berlaku baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat
  8. Menyanyikan lagu Nasional sebelum memulai pelajaran

Nah, banyak sekali contoh dari sikap bela negara yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk tidak dapat melakukan bela negara.

 

Pentingnya Bela Negara

Terakhir, apakah upaya bela negara itu penting? Tentu saja sangat penting. Mengingat negara Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas dan penduduk yang sangat padat, maka pembelaan negara  untuk menjaga keutuhan wilayah negara Indonesia harus terus untuk dilakukan.

Lautan dan daratan yang luas menjadi tanggung jawab bersama seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagaimanapun juga, Indonesia adalah rumah bagi setiap warganya. Sama halnya dengan menjaga rumah agar tetap aman dan lestari, maka setiap warga harus menjaga kesatuan Negara Indonesia. Dengan demikian, ancaman dari luar pun dapat diatasi dengan lebih jelas.

Dengan memiliki rakyat yang bersatu dan sadar akan bela negara, maka Kedaulatan NKRI pun akan tetap terjaga.

Sumber:

loading...

Leave a Reply